Ketahui 13 Manfaat Buah Kurma Bagi Manusia

Inilah Sekilas Tentang Manfaat Buah Kurma
Buah kurma merupakan buah yang berasal dari tanaman palem-paleman. Dilihat dari familynya, pohon atau buah kurma adalah sisi dari kumpulan Arecaceae. Dengan cara lebih khusus, pohon kurma adalah jenis pohon dari genus phoenix. Didalam bhsa latin, buah kurma kerap juga dimaksud dengan arti dactylifera phoenix.

Para pakar biologi botanical sepakat bahwa pohon kurma pertama kali berasa dari tepian sungai Nil dan sungai Eufrat. Pohon ini bahkan sudah ada ribuan tahun sebelum masehi. Melalui perdagangan, biji-biji kurma dibawa oleh para saudagar arab dari tanah Mesopotamia untuk ditanam di jazirah Arab dan Mesir.  Saat ini, pohon kurma bahkan telah dibudidayakan di hampir seluruh wilayah beriklim tropis di dunia, seperti Afrika, Amerika, Australia dan Asia.

Sifat dasar buah kurma adalah memiliki serat lembut yang menyimpan kandungan glukosa sangat tinggi. Kandungan glukosa buah kurma berbeda dari glukosa pada buah lainnya. Keistimewaan gula buah kurma adalah mudah dicerna dan bersifat antibiotik. Dua zat glukosa yang biasa ada di dalam daging buah kurma tersebut adalah fruktosa dan dekstrosa.

Kandungan gizi terbesar buah kurma adalah karbohidrat (58%). Dengan kandungan karbohidrat sebesar itu, menjadikan buah kurma cocok sebagai pengganti makanan berat sehari-hari. Sisi menarik lainnya dari buah kurma adalah banyaknya kandungan mineral logam di dalam dagingnya. Kandungan terbesar mineral tersebut adalah tembaga, yakni sebesar 40%. Menyusul setelahnya, potasium (16%),  asam pantonenat (16%), magnesium dan mangan (13%), serta Besi (11%). Sisanya adalah zat berupa vitamin, A,C dan K, asam pantonenat, niacin, protein, serat makanan, energi, thiamin, seng, fosfor dan sodium. Satu-satunya zat yang tidak dimiliki kurma adalah kolesterol. Itulah mengapa buah kurma dianggap sebagai buah paling sehat se dunia.
Manfaat Buah Kurma
Manfaat Buah Kurma Bagi Manusia

13 Manfaat Buah Kurma


Dengan segala kelebihan sebagaimana telah disebutkan di atas, buah kurma sudah pasti sangat bermanfaat bagi manusia. Buah kurma tidak saja sebagai makanan, namun sekaligus juga dapat menjadi obat alami bagi tubuh. Adapun beberapa khasiat dan manfaat buah kurma tersebut adalah sebagai berikut:

1 | Buah kurma adalah nutrisi terbaik untuk pertumbuhan tulang
Buah kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B kompleks, niacin, aam pantonenat serta riboflavin. Keberadaan vitamin-vitamin tersebut dapat memaksimalkan metabolisme karbohidrat, protein dan juga lemak di dalam tubuh kita. Khusus untuk vitamin K, zat yang satu ini dapat mempercepat pembekuan darah dan menjaga kepadatan tulang. Selain itu, zat kalsium dan fosfor di dalam buah kurma dapat menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat.

2 | Buah kurma dapat menjaga kesehatan jantung
Kandungan kalium di dalam buah kurma merupakan komponen penting bagi pertumbuhan sel. Selain itu, kalium dapat menjadi pengganti cairan tubuh di sekitar organ-organ krusial seperti jantung, paru-paru dan usus. Khusus bagi jantung, kalium dapat mengendalikan denyut jantung agar tetap normal dan menstabilkan tekanan darah. Orang yang sering mengkonsumsi buah kurma secara teratur akan memiliki resiko lebih kecil terserang penyakit jantung koroner dan stroke.

3 | Buah kurma dapat melancarkan pencernaan
Kandungan laksatif yang begitu besar di dalam daging buah kurma dapat memperlancar pencernaan buang air besar. Selain itu, laksatif berperan dalam mencegah konstipasi di dalam usus halus.

4 | Buah kurma dapat mencegah kolesterol
Orang yang sering memakan buah kurma relatif akan terhindar dari bahaya kolesterol. Hal ini dikarenakan buah kurma mengandung serat yang sangat banyak. Serat ini berfungsi untuk mengikat lemak tak jenuh di dalam otot dan darah untuk kemudian di keluarkan. Di dalam usus, serat ini berfungsi sebagai pelindung selaput lendir usus. Dengan selaput yang terlindungi oleh serat ini, usus akan terhindar dari bahaya kanker.

5 | Buah kurma dapat menjadi penawar racun di dalam darah
Buah kurma kaya akan kandungan tanin. Zat ini merupakan antioksidan yang sangat kuat. Keberadaan tanin di dalam tubuh seseorang juga dapat menjadi obat alami untuk anti infeksi, anti inflamasi dan anti hemoragik.

6 | Buah kurma dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam darah
Dalam hal ini, buah kurma memiliki zat yang disebut zat besi. Keberadaan zat besi yang cukup banyak di dalam daging buah kurma sangat dibutuhkan oleh darah. Zat besi dapat mengikat oksigen lebih banyak, sehingga darah yang mengalir ke seluruh tubuh juga akan membawa banyak oksigen. Dengan demikian, organ-organ dan jaringan yang dilalui oleh darah kaya oksigen ini akan mendapat asupan energi dengan baik.

7 | Buah kurma menjadi tameng penyakit kanker
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah kurma ternyata bisa mengecilkan peluang seorang terserang kanker. Penelitian tersebut dilakukan terhadap masyarakat suku Badui di Timur Tengah. Kasus penyakit kanker pada masyarakat tersebut terhitung sangat rendah di banding kelompok masyarakat di belahan dunia lainnya. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat sering mengkonsumsi kurma sebagai makanan pokok sehari-hari.

8 | Buah kurma dapat memperbanyak sel darah merah
Bagi yang sering mengalami anemia, sebaiknya mulai memperbanyak konsumsi buah kurma. Hal ini dikarenakan buah kurma kaya akan tembaga. Kegunaan zat tembaga di dalam buah kurma adalah untuk memproduksi sel darah merah. Khusus sel darah merah yang dihasilkan oleh kandungan tembaga di dalam buah kurma telah memiliki sifat antibiotik. Jadi, darah yang dihasilkan sekaligus telah menjadi obat bagi tubuh.

9 | Buah kurma memiliki peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi
Ya, kandungan kalsium yang tinggi di dalam daging buah kurma dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi dengan baik.

10 | Buah kurma dapat menjaga kesehatan saraf
Lagi-lagi dalam hal ini, kandungan kalsium memiliki peran penting. Kalsium di dalam buah kurma dapat menyehatkan ujung-ujung saraf sensorik dan saraf motorik seseorang. Itulah mengapa, orang yang sering memakan buah kurma memiliki tingkat kepekaan terhadap rangsangan kinetik yang relatif tinggi.

11 | Buah kurma adalah sumber enzim
Buah kurma mengandung mangan. Mangan di dalam daging buah kurma merupakan sumber enzim antioksidan superoksida dismutase. Enzim ini berguna untuk melindungi tubuh dari ancaman virus dan bahteri.

12 | Buah kurma adalah sumber energi
Memakan 3 butir buah kurma setiap hari, dapat meningkatkan kapasitas energi di dalam tubuh. Buah kurma merupakan buah yang sangat cepat dicerna sehingga mampu memberikan energy lebih cepat bagi tubuh.

13 | Buah kurma adalah obat penenang yang aman bagi tubuh
Orang yang rutin mengkonsumsi buah kurma akan terhindar dari stres, depresi dan emosi yang meledak-ledak. Hal ini dikarenakan unsur vitamin dan mineral di dalam buah kurma mampu mempengaruhi hormon dan adrenalin seseorang. Jadi, bila anda ingin terhindar dari suasana batin tidak menentu, sebaiknya membiasakan mengkonsumsi buah kurma secara teratur.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat buah kurma bagi tubuh manusia. Lebih jauh, memakan buah kurma secara teratur adalah anjuran dari rasul. Tentu anjuran tersebut bukan sekadar anjuran biasa mengingat bermacam khasiat dan manfaat buah kurma dapat dibuktikan secara ilmiah.