Tips Diet Sehat untuk Ibu Hamil yang harus di konsumsi

Tips Diet Sehat untuk Ibu Hamil

Perlu Anda ketahui bahwa kelebihan berat badan pada saat hamil itu seringkali dialami para ibu. Hal yang demikian ini sering menjadikan mereka khawatir dan juga cemas, idealnya ibu yang sedang dalam masa kehamilan mengalami kenaikan berat badan antara 12 hingga 15 kg. Untuk itulah penting sekali bagi ibu hamil untuk mengatur berat badannya agar tetap dalam kondisi yang ideal dan juga sehat. Diet menjadi solusi paling tepat pada saat ibu hamil mengalami kelebihan berat badan.

Ibu yang sedang hamil haruslah menjaga asupan makanan yang akan dikonsumsinya, ingat pada saat hamil makanan yang akan dikonsumsi tidak hanya diperlukan oleh sang ibu saja, akan tetapi juga sebagai nutrisi janin yang dikandungnya. Wajar saja bila nutrisi yang dibutuhkan akan menjadi lebih banyak lagi dibandingkan sebelum hamil dulu.

Diet sehat yang bisa dilakukan oleh ibu hamil ini adalah dengan menjaga pola makan yang sehat pula. Ibu hamil seringkali tidak bisa menolak keinginan perutnya untuk menyantap makan makanan yang tidak sehat dan juga penuh lemak. Hal yang demikian ini sebaiknya dihindari sebab akan menyulut kenaikan berat badan bagi ibu hamil. Nah, beberapa tips diet berikut ini bisa menjadi acuan di dalam melakukan diet bagi ibu hamil.
Tips Diet Sehat untuk Ibu Hamil yang harus di konsumsi
Tips Diet Sehat untuk Ibu Hamil

Tips diet sehat untuk ibu hamil


1 | Jangan pernah lupakan sarapan

Pada saat ibu hamil sedang diet, wajib melakukan sarapan. Pilihlah menu makanan yang kaya akan nutrisi yang nantinya berguna bagi kesehatan dan juga kehamilannya. Jangan sampai ibu hamil melewatkan sarapan sebab hal tersebut malah akan menjadikan nafsu ngemilnya muncul. Tanpa sarapan pada saat makan siang umumnya ibu hamil akan menyantap makanan dalam porsi yang lebih banyak. Hal yang demikian ini justru akan merusak diet yang dilakukannya. Dengan sarapan, maka ibu hamil juga akan terhindar dari kepala pening, lemas, dan mual-mual.

2 | Pilihlah makanan berserat dan hindari makanan manis serta berlemak

Makanan yang berserat tinggi ini dapat Anda temukan dalam sayuran dan juga buah-buahan. Serat nantinya bisa membantu dalam melancarkan pencernaan. Sajikan saja sayuran dalam menu makan Anda Sementara itu, makanan yang manis justru akan menjadikan tubuh Anda sering merasa lapar. Pastinya bila sering lapar dan sedikit ngeml atau pun makan dalam prosi yang banyak, bukannya berat badan turun akan tetapi malah naik. Begitu pun dengan makanan yang berlemak, seperti snack, gorengan, dan jeroan, ada baiknya Anda hindari untuk mensukseskan diet hamil Anda.

3 | Minum air putih 8 gelas per hari

Silakan Anda perbanyak konsumsi air putih untuk menghindarkan Anda dari rasa lapar. Dengan minum air putih yang cukup, maka rasa lapar tersebut dapat teratasi dengan baik, ya setidaknya Anda bisa minum air putih setiap harinya sebanyak 8 gleas atau setara dengan 2 liter.

Demikianlah sekilas informasi tentang tips diet sehat untuk ibu hamil yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan bisa menurunkan berat badan anda.