9 Makanan yang Bisa Membuat Kamu Kenyang, Sehat, dan Tetap Langsing!

Kalau kamu sedang menjalani program diet terkadang cukup sulit untuk menentukkan makanan apa yang baik atau yang tidak baik untuk kamu konsumsi. Kamu perlu mengetahui soal apakah makanan ini mengandung lemak yang tinggi, apakah makanan ini memiliki protein yang tinggi, apakah makanan ini rendah kalori. Sebagai seorang perempuan, tentunya kamu perlu menjaga pola makan dan program diet yang dijalani. Bukan hanya agar tetap langsing, tapi juga untuk kesehatan.

Untuk kamu yang masih suka bingung menentukkan mana makanan yang baik dan tepat untuk mendukung dan tidak mengganggu program diet yang kamu jalani, berikut ini ada 9 makanan sehat yang bisa kamu konsumsi dengan aman!

1.Kamu aman mengonsumsi oatmeal
Kreasi oatmeal via silk.com
Oatmeal yang terbuat dari gandum ini sangat disarankan masuk ke dalam daftar makanan yang harus kamu konsumsi. Oatmeal mempunyai kandungan fiber yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk metabolisme, pencernaaan, dan membakar lemak yang ada di tubuhmu. Keren sekali kan manfaatnya? Selain itu, oatmealini juga cukup mengenyangkan sehingga kamu tidak akan merasa kelaparan atau ingin ngemil sesudah mengonsumsinya.

Kamu dapat mengonsumsi oatmeal dengan cara yang biasa saja atau dapat menyampurkannya dengan berbagai bahan sehat lainnya seperti buah-buahan segar, kacang almond, dark chocolate, kismis, telur, dan susu. Kamu dapat mengkreasikan sendiri cara memasak oatmeal sesuai dengan gaya dan seleramu. Kamu dapat memasak oatmeal ini menjadi makanan yang asin ataupun manis.

2.Muesli untuk sarapan kamu!
Muesli untuk menu sarapan via justingredients.co.uk
Kalau kamu melihat tampilan visual muesli ini sekilas memang mirip seperti oatmeal. Namun, sebenarnya isi dari muesli ini sangat berbeda yaitu gandum atau rolled oat yang dicampurkan dengan buah-buahan kering dan aneka macam biji-bijian. Persamaan antara oatmeal dan muesli adalah mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi saat kamu sedang menjalankan diet atau ingin menjaga tubuh tetap langsing dan sehat.

Kamu juga dapat menikmati muesli dengan menyampurkan dan menambahkan berbagai macam bahan sehat lainnya seperti susu dan buah-buahan segar. Kamu juga dapat mengonsumsi muesli ini dengan berbagai macam cara seperti membuatnya menjadi overnight muesli yaitu muesli yang direndam semalaman menggunakan susu atau yogurt atau membuatnya menjadi smoothies sehingga mudah dikonsumsi. Semua kreasi ini tentunya akan lebih meningkatkan selera makan kamu, namun tetap sehat dan langsing.

3.Makan ikan salmon yuk!
Ikan salmon yang sehat via rumahnugget.com
Ikan salmon memang dikenal memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Ikan salmon ini mempunyai kandungan protein yang tinggi, omega 3, asam amino, kalsium, zat besi, dan berbagai macam vitamin. Jadi, tidak salah kalau kamu disarankan untuk mengonsumsi ikan yang lezat dan sehat ini.

Ikan salmon mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga kamu akan merasa kenyang tanpa perlu mengonsumsi makananan yang mengandung lemak untuk mengenyangkan perutmu. Sebaiknya kamu lebih memilih ikan salmon dibandingkan dengan mengonsumsi daging merah sebagai sumber protein.

Yang perlu kamu perhatikan ketika mengonsumsi ikan salmon adalah bagaimana kamu mengolah atau memasak ikan salmon ini. Sebaiknya kamu mengolah ikan salmon ini dengan cara membakar atau mengukus. Jangan pernah mengolah ini dengan menggorengnya karena hanya akan mengurangi manfaatnya dan menambahkan kandungan lemak yang tidak sehat.

4. Blueberry untuk camilan kamu!
Blueberry bisa jadi camilan kamu lho via blueberrycouncil.org
Singkirkan dan lupakan semua camilan tidak sehat yang selama ini sering kamu konsumsi. Sekarang beralihlah untuk mengonsumsi camilan yang lebih bermanfaat, lebih sehat, dan tentu saja akan membuat tubuhmu tetap langsing. Kamu dapat mengonsumsi blueberry sebagai pengganti camilan tidak sehat itu. Blueberry ini menyimpan kandungan yang dapat mencegah penuaan atau anti-aging.

Kamu dapat mengonsumi blueberry sebagai camilan sebanyak apa pun yang kamu mau. Karena semangkok blueberry ini hanya memiliki 80 kalori saja! Selain itu, blueberry juga memiliki kandungan serat yang dapat membuatmu menjadi kenyang. Jadi, kamu akan tetap sehat dan langsing.

5. Brokoli juga jangan ketinggalan dikonsumsi ya!
Konsumsi juga brokoli via sabah.com
Brokoli juga menjadi salah satu makanan sehat yang sangat disarankan untuk kamu konsumsi. Brokoli ini mempunyai manfaat untuk mencegah kanker. Selain itu, brokoli juga mempunyai kandungan fiber yang tinggi dan memiliki jumlah kalori yang rendah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan menambah timbangan berat badan ketika mengonsumsi brokoli ini. 

Kamu dapat mengonsumsi brokoli secara mentah seperti salad ataupun dimasak seperti ditumis dan dimasukkan ke dalam campuran sup. 

6.Ganti nasi putih dan beralih ke nasi cokelat!
Nasi cokelat atau brown rice via honeyville.com
Mulai sekarang ganti nasi putih yang biasa kamu konsumsi menjadi nasi cokelat atau brown rice. Nasi cokelat ini memiliki kandungan yang lebih baik dibandingkan dengan nasi putih. Nasi cokelat ini merupakan asupan karbohidrat yang sehat dan dapat membantu metabolisme sekaligus membakar lemak.

Kelebihan lainnya adalah nasi cokelat ini mengenyangkan namun memiliki kandungan kalori yang rendah. Jadi, kamu dapat mengonsumsinya dengan tenang dan aman.

7.Rutin minum teh hijau
Minun teh hijau setiap hari via well-beingsecret.com
Teh hijau mempunyai kandungan anti-oksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Anti-oksidan ini juga memiliki kemapuan untuk membakar kalori dan lemak yang ada di dalam tubuhmu. Oleh karena itu, teh hijau sangat baik dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet atau ingin menjaga kelangsingan tubuh. Jadi, mulailah minum teh hijau dengan rutin setiap hari dan ingat sebaiknya kamu tidak menambahkan pemanis ketika meminumnya agar manfaatnya lebih maksimal.

8.Minum juga susu rendah lemak
Low-fat milk via dairyreporter.com
Sesuai dengan namanya, susu ini mengandung kadar lemak yang rendah. Selain itu, susu rendah lemak ini juga mempunyai kandungan kalsium yang tinggi yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Seorang perempuan yang mengonsumsi kalsium sebanyak 1.000 hingga 1.400 setiap harinya akan membakar lemak dan kalori lebih banyak.

9.Jeruk bisa menghilangkan rasa lapar
Jeruk juga bisa hilangkan rasa lapar via healthyfig.com
Ternyata jeruk juga dapat membantu kamu menghilangkan rasa lapar. Meskipun jeruk memiliki jumlah kandungan kalori yang cukup rendah, akan tetapi mempunyai kandungan serat yang sangat tingg hingga mampu membuat kamu kenyang. Kamu dapat mengonsumsi jeruk sebagai camilan sehat yang mengenyangkan. Kamu dapat mengonsumsi jeruk sepuasnya tanpa perlu merasa khawatir menambah berat badan.

Kamu masih bisa mengonsumsi makanan yang enak dan lezat, tapi tetap sehat dan tidak perlu khawatir berat badanmu akan bertambah. Jadi, mulailah mengonsumsi kesembilan makanan sehat ini dan nikmati manfaatnya!