Tips Perawatan Mata Pasca Operasi Katarak

Tips Perawatan Mata Pasca Operasi Katarak - Seseorang yang terkena sakit mata katarak maka alternatif tunggal untuk mencapai kesemembuhan adalah dengan prosedur operasi katarak. Dengan selesainya prosedur ini, maka Anda sebagai pasien berhak mendapatkan fasilitas rawat inap di rumah sakit yang Anda tuju dan atau memperoleh surat keterangan sakit sebagai permohonan izin tidak masuk kerja untuk beberapa hari karena posisi Anda dalam masa istirahat selesai operasi. Selama masa istirahat tersebut Anda diperbolehkan melakukan aktifitas menonton TV dan membaca.

Melakukan olah raga ringan pun juga diperbolehkan. Bahkan untuk berada di luar ruangan pun juga tidak dilarang, tetapi selama di luar hendaknya Anda menghindari keramaian dan tempat berdebu. Dan selama di luar itu pula, kenakanlah kacamata hitam untuk menjaga kenyamanan mata dan mengurangi kepekaan mata Anda terhadap cahaya.
Perawatan Mata Katarak
Tips Perawatan Mata Pasca Operasi Katarak

Proses Operasi Katarak

Selama proses penyembuhan kurun waktu satu bulan ke depan, Anda akan mendapat obat tetes mata yang berguna mengurangi resiko inflamasi dan mencegah infeksi. Ikutilah petunjuk dokter untuk menggunakanya dengan hati-hati, jika dirasa perlu, Anda dapat minta tolong kepada saudara atau teman untuk meneteskan obat tersebut ke mata Anda. Jika Anda sedang ke luar rumah, pastikan Anda mempunyai akses terhadap fasilitas kebersihan tangan sehingga Anda bisa mencuci tangan sebelum meneteskan obat tetes mata tersebut.

Jika selama masa penyembuhan tersebut Anda merasakan gejala nyeri ringan, Anda dapat mengkonsumsi obat yang mempunyai kandungan parasetamol. Namun bila nyeri di mata Anda berkelanjutan dan tidak bisa hilang dengan obat ini, maka hubungi segera dokter Anda tersebut.

Ketika Anda istirahat tidur, gunakanlah pelindung mata yang telah diberikan paling sedikit selama satu minggu, dengan maksud menghindari gerak tangan Anda untuk mengucek atau menekan mata yang dioperasi tanpa sengaja, sehingga mata Anda benar-benar aman pasca operasi.

Hal-Hal Yang Mesti Dihindari Setelah Operasi Katarak.

Pasca menjalani operasikatarak, pandangan mata biasanya masih terasa buram, oleh sebab itu Anda mesti selalu berhati-hati agar selama itu Anda tidak mengalami jatuh yang dapat melukai kepala atau mata Anda, apalagi jika mata Anda yang dioperasi masih dibalut perban dan mata satunya tidak dapat melihat dengan jelas.

Umumnya setelah menjalani operasi mata, mata akan mengalami berbagai iritasi dan mengeluarkan cairan mata. Sehingga selama sebulan pertama, hindarilah untuk memegang, apalagi menggosok mata Anda. Juga hindarilah air sabun atau debu agar tidak masuk ke dalam mata anda. Jangan juga melakukan aktifitas berenang, berendam di kolam air panas, mengunjungi spa atau sauna. Hal ini disebabkan pada mata Anda masih ada luka kecilnya, dan Anda mesti mencegahnya agar mata Anda tidak terkontaminasi.

Walaupun luka tersebut kecil, Anda tetap saja tidak diperbolehkan memaksakan diri. Yaitu, cobalah Anda untuk tidak membungkuk, melakukan olah raga berat atau membawa barang berat. Jika punya kebiasan lari marataon 10 km maka tinggalkanlah untuk beberapa bulan ini, dan untuk sementara waktu tinggalkanlah kebiasaan menggendong cucu selama 2 – 3 minggu. Biarkan mata Anda sampai benar-benar sembuh.

Setelah menjalani operasi katarak, mungkin Anda merasa bahwa kacamata yang biasa Anda kenakan tidaklah lagi sesuai. Hal ini dikarenakan berubahnya kekuatan mata karena akibat pembedahan.

Umumnya ukuran mata yang dioperasi akan stabil setelah sebulan, Nah pada saat itulah Anda dapat mengukur kembali ukuran kacamata Anda dengan pas. Dan selama proses penyembuhan mata tersebut hindarilah untuk mengemudikan sepeda motor atau mobil hingga Anda percaya diri bahwa penglihatan Anda sudah benar-benar jelas.

Obat-Obatan Dan Pola Makan Pasca Operasi Katarak.

Pada beberapa hari pertama, bersihkan mata yang dioperasi menggunakann cairan pembersih mata steril dan bola kapas yang telah diberikan pihak rumah sakit kepada Anda. Setelah itu gunakanlah kain kasa bersih dan air masak untuk membersihkan mata Anda tersebut agar terasa lebih segar dan nyaman.

Penggunakan obat tetes mata dan obat-obatan yang telah diresepkan dokter sangat-sangat dianjurkan sekali untuk dipakai sehingga habis, bahkan jika Anda merasa bahwa mata Anda telah dalam keadaan baik-baik saja pun juga masih harus menggunakan obat tetes dan obat yang telah diresepkan tersebut. Jangan teteskan apapun ke dalam mata Anda selain tetes mata yang telah diresepkan dokter. Selalu cuci tangan Anda sebelum menggunakan tetes mata tersebut.

Simpanlah obat tetes mata dan obat-obatan tersebut sesuai dengan petunjuk yang ada. Jangan simpan obat melebihi petunjuk waktu karena obat mungkin saja mengalami kontaminasi.

Kocoklah botol obat tetes mata tersebut sebelum Anda gunakan. Dongakan kepala Anda ke atas, mata terbuka dan tarik kelopak mata Anda ke bawah. Gunakan satu tetes ke dalam mata, hindari mata kontak dengan bulunya. Untuk meneteskan tetesan selanjutnya maka tunggulah masa 5 menit selanjutnya.

Adapun mengenai makanan, Anda diperbolehkan makan seperti hari-hari biasa. Tidak ada larangan makanan apapun sesudah operasi katarak. Pola makan yang biasa dapat Anda terus lanjutkan.

Apakah setelah melakukan operasi katarak pasien masih mesti datang lagi ke dokter?

Sehari setelah operasi katarak berhasil, biasanya Anda diminta untuk datang kembali ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan ulang. Janji ketemu selanjutnya biasanya adalah seminggu dan sebulan setelah operasi. Datangi semua janji tersebut, walaupun disaat itu Anda merasa telah sehat dan mampu melihat dengan baik.

Hal-hal apakah yang mengharuskan pasien menghubungi dokter?

Jika terjadi hal-hal berikut, Anda jangan ragu-ragu untuk menghubungi dokter. Hal-hal tersebut adalah:

  • Nyeri pada mata yang tidak teratasi oleh obat-obatan dan tetes mata.
  • Mata mengalami penglihatan memburuk mendadak.
  • Keluar cairan mata berlebih dari mata yang di operasi.
  • Timbulnya bayangan atau kilatan secara tiba-tiba.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Tips Perawatan Mata Pasca Operasi Katarak. Semoga dapat bermanfaat!