Keluhan Telapak Kaki Sakit

Keluhan Telapak Kaki Sakit - Sakit pada bagian telapak kaki adalah salah satu keluhan yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Keluhan telapak kaki yang sakit sering kali dirasakan terutama pada pagi hari ketika bangun tidur, yaitu saat kaki menapak lantai untuk pertama kalinya. Duh, jadi penasaran kenapa kok bisa begini ya?. Bagi orang-orang yang memiliki keluhan telapak kaki sakit, mungkin akan merasakan keluhan di tempat yang berbeda-beda pada telapak kakinya, ada yang sakit di sekitar tumit, telapak kaki pada bagian tengah (tapi ini jarang terjadi), dan telapak kaki bagian depan dekat jari-jari kaki. Lantas apa penyebab tersering sakit telapak kaki dan bagaimana cara mengatasinya?.
Telapak Kaki Sakit
Keluhan Telapak Kaki Sakit

Telapak Kaki Sakit.

Penyebab yang paling sering dari keluhan sakit pada telapak kaki adalah plantar faciitis, yaitu peradangan pada bagian lapisan tebal plantar fasia yang ada di sepanjang telapak kaki yang menghubungkan antara tulang tumit ke telapak kaki bagian depan sampai dengan jari-jari kaki.

Gejala plantar faciitis.

Seperti telah disinggung di atas, bahwa keluhan utama plantar fasciitis adalah nyeri atau sakit di bagian telapak kaki terutama pada daerah sekitar tumit. Hal ini dapat berkembang secara bertahap dari masa ke masa. Biasanya hanya satu kaki yang terkena, tetapi bisa juga kedua-duanya yang terkena. Beberapa orang mengalami rasa sakit ini seperti ditusuk-tusuk dan ada juga yang merasakan telapak kaki terasa panas seperti terbakar api.

Gejala yang khas dirasakan yaitu telapak kaki sakit saat bangun tidur dan dapat lebih memburuk saat mengambil langkah pertama ketika kaki menyentuh lantai/menapak. Apabila naik tangga bisa sangat sulit dan menyakitkan karena kekakuan tumit tersebut.

Bagaimana plantar fasciitis itu dapat terjadi, apa penyebabnya?.

Dalam keadaan normal, plantar fasia memepunyai fungsi sama seperti shock absorber pada kendaraan yaitu menyerap dan menahan goncangan serta membantu pergerakan kaki untuk memelengkungkan telapak kakinya. Jika terjadi ketegangan pada kaki, tekanan atau beban yang begitu besar, maka bisa membuat fasia menjadi teriritasi atau meradang akibatnya timbullah rasa sakit ini.

Oleh karena itu kondisi-kondisi berikut ini akan membuat seseorang berisiko terkena plantar fasciitis yang membuat telapak kakinya sakit:

  • Obesitas atau kegemukan.
  • Hamil terutama saat hamil tua.
  • Pelari jarak jauh.
  • Pekerjaan yang banyak membebani kaki, seperti guru, pekerja pabrik dan lain-lain yang menghabiskan sebagian besar jam kerjanya dengan berjalan atau berdiri.
  • Usia antara 40 sampai 60 tahun.
  • Orang dengan jenis kelamin perempuan lebih sering dibanding jenis kelamin laki-laki.

Bagaimana cara mengobati sakit kaki akibat platar fasciitis?.

Langkah utama yang harus dilakukan adalah menghilangkan rasa sakit itu sendiri dan juga mengurangi peradangan yang dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Perawatan di rumah.
  • Kompres pada telapak kaki yang sakit selama 15 sampai 20 menit menggunakan es tiga atau empat kali dalam sehari.
  • Kurangi aktivitas Anda ataupun olahraga.
  • Gunakan bantalan berupa lengkungan pada sepatu Anda.
  • Gunakanlah alas kaki yang empuk, dan hindari penggunaan sandal refleksi.
  • Selalu gunakan alas kaki, apalagi ketika berjalan di daerah berbatu atau lantai yang tidak rata.
  • Lakukan latihan peregangan juga, karena dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit.
  • Minum juga Obat anti-inflamasi (OAINS), seperti ibuprofen atau naproxen.
  • Perawatan medis.

Jika perawatan rumah dan penggunaan obat anti-inflamasi seperti diatas tidak meringankan rasa sakit Anda, maka berobatlah segera ke dokter, dan dokter mungkin akan melakukan tindakan:

  • Injeksi Steroid, yaitu suntikan kortikosteroid langsung ke bagian yang sakit mungkin saja dapat diberikan. Dokter mungkin juga akan menggunakan perangkat ultrasound (USG) untuk membantu menentukan tempat terbaik melakukan injeksi.
  • Fisioterapi, yaitu terapi fisik yang akan dilakukan dan diajarkan atas bimbingan fisioterpist atas permintaan dokter.
  • Terapi gelombang kejut extracorporeal. Dalam prosedur ini, gelombang suara diarahkan pada daerah rasa nyeri di sekitar tumit untuk merangsang penyembuhan. Ini biasanya digunakan untuk fasciitis plantar kronis yang tidak berespon terhadap pengobatan konservatif.
  • Bedah. Hanya sedikit orang yang memerlukan pembedahan ini untuk melepaskan plantar fasia dari tulang tumitnya. Operasi ini biasanya menjadi pilihan terakhir jika sakit pada telapak kaki begitu parah dan semua pengobatan yang dilakukan gagal.

Itulah beberapa penyebab plantar fasciitis yang dapat membuat telapak kaki sakit serta cara mengatasinya. Sakit pada telapak kaki terutama pada daerah tumit juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti tendonitis, fraktur, arthritis, atau iritasi saraf. Karena ada beberapa penyebab yang potensial, penting bagi Anda untuk memeriksakannya ke dokter untuk didiagnosis yang benar serta penanganan yang tepat. Sekian, semoga bermanfaat.