10 Strategi Jitu Untuk Menyukseskan Program Dietmu Tanpa Perlu Susah Payah Berolahraga di Gym!

10 Strategi Jitu Untuk Menyukseskan Program Dietmu Tanpa Perlu Susah Payah Berolahraga di Gym!

Kurangi makan dan perbanyak berolahraga!’ Mungkin kalimat ini sudah sering kali kamu dengar jika kamu membicarakan keinginanmu untuk berdiet. Sayangnya, tidak semua orang punya waktu dan juga kemauan untuk melakukannya. Terlebih banyak sekali godaan yang menyerang ketika mencoba melakukan diet.

Namun kamu tidak perlu khawatir jika tidak bisa melaksanakan kalimat anjuran tersebut. Kamu dapat melakukan beberapa strategi-strategi ini untuk menurunkan berat badanmu tanpa perlu bersusah payah ke gym.

1. Nyam nyam nyam. Kunyah makananmu secara perlahan.
Mengunyah makanan via cache3.asset-cache.net
Dibutuhkan sekitar 20 menit untuk sinyal kenyang untuk mencapai otak. Jadi jangan habiskan makananmu dalam kurun waktu kurang dari 20 menit. Mengunyah perlahan dapat membantumu merasa kenyang dan penyerapan makanan saat proses pencernaan.

Menikmati makanan dengan cara menyantapnya secara perlahan-lahan juga membuat kalori yang diserap oleh tubuh justru lebih sedikit. Cara sederhana ini efektif untuk membantumu mengurangi berat badan lho.

2. Piring yang kamu gunakan berpengaruh terhadap berat badanmu.
Piring besar vs piring kecil via news.islandcrisis.ne
Jika selama ini kamu terbiasa menggunakan piring yang berukuran besar saat makan, mulai sekarang cobalah untuk menggunakan piring yang berukuran lebih kecil. Para ahli sepakat bahwa semakin besar piring yang digunakan untuk makan, maka semakin banyak makanan yang akan disantap. hal ini tentu saja membuat kalori yang masuk ke dalam tubuhmu semakin banyak.

Menggunakan piring yang berukuran lebih kecil saat makan secara tidak langsung memaksamu untuk mengurangi porsi makanmu. Dengan demikian, kalori yang masuk ke dalam tubuhmu pun semakin sedikit. Asal saja kamu tidak menumpuk makanan dalam piring mungilmu.

3. Air putih ampuh mendukung keberhasilan dietmu.
Minum air putih via premierwatermn.com
Memperbanyak minum air putih bisa menjadi cara yang sangat ampuh untuk menurunkan jenis berat badan. Air dapat mempercepat peningkatkan metabolisme, menekan nafsu untuk makan, sekaligus untuk membantu mengeluarkan kandungan air dari tubuhmu. Meski terasa sulit, cobalah untuk minum air minimal  8 gelas per hari.
Baca | 5 Macam Menu Cemilan Berbahan Dasar Oatmeal Yang Dijamin Sehat Dan Tidak Bikin Gendut!
Minum air putih sebelum makan juga mampu membuat perutmu merasa kenyang lebih awal. Rasa kenyang ini akan membantumu mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuhmu. Minumlah segelas penuh air sebelum kamu menyantap makananmu.

4. Selain membuatmu tidak merasa sendiri, makan di depan cermin juga bisa mengontrol kalori yang masuk ke tubuhmu.
Makan di depan cermin via trackeat.com
Jika selama ini kamu kerap makan sendirian, cobalah untuk menambahkan sebuah cermin di depan meja makanmu. Menatap bayanganmu di cermin efektif untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhmu. Dengan adanya cermin di depanmu, kamu akan berpikir ulang untuk mencoba menambah porsi makanmu. Selain itu setidaknya kamu bisa mengontrol cara makanmu agar bisa makan dengan lebih baik.

5. Matikan televisimu, makan sambil menonton televisi hanya akan membuat dietmu gagal.
Makan sambil nonton TV via manblog.co.uk
Tidak ada kegiatan yang lebih mengasyikan dari pada makan sambil menonton tayangan televisi. Akan tetapi rupanya kegiatan ini tidak bagus untuk program dietmu. Makan sambil menonton televisi hanya akan membuatmu makan secara berlebihan. Keasyikan menonton televisi memicumu untuk makan dengan cepat atau menambah porsi makanmu.

Hal ini tentunya tidak mendukung program diet yang kamu lakukan. Mulai sekarang matikan televisimu dan cobalah untuk makan di atas meja makan. Ini akan membuatmu lebih berkonsentrasi dengan makananmu dan menghindarkanmu dari makan makanan berlebih.

6. Kalahkan keinginanmu untuk makan makanan berlebih!
Makan berlebih via i.ytimg.com
Nafsu makan bukanlah suatu hal yang mudah ditahan. Banyak hal kecil bisa memicunya. Iseng membuka lemari es, lalu tanpa sadar mengambil satu potong kue. Melihat foto-foto makanan di instagram juga  bisa memunculkanmu untuk menyantap makanan tersebut.
Baca || Ingin Tetap Langsing Dan Selalu Tampak Sehat Bugar? 7 Gaya Hidup Sehat Ala Wanita Jepang Ini Bisa Kamu Coba!
Karena musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri, maka cobalah untuk mengalahkan keinginanmu untuk mengkonsusmsi makanan berlebih. Jika kamu tidak bisa melawan keinginamu dan tergoda dengan berbagai godaan makanan yang ada, maka program dietmu tidak akan pernah berhasil.

7. Makan makanan dengan gigitan kecil tidak hanya membuatmu terlihat lebih anggun, tapi juga membantu kesuksesan program dietmu.
Makan dengan gigitan kecil via cdn.olwomen.com
Melahap makanan dengan gigitan besar memang bisa mengurangi rasa laparmu dengan lebih cepat, tetapi hal ini juga dapat menyebabkanmu makan lebih banyak. Bahkan jumlah gigitan dan berapa kali seseorang menelan makanannya juga memainkan peran penting dalam menentukan tingkat kekenyangan seseorang.

Jika kamu terbiasa melapahap makanan dengan gigitan besar, kamu bisa mengakalinya dengan memotong makananmu menjadi potongan-potongan kecil. Dengan ini kamu bisa mencegah diri untuk menjadi korban yang menjebak dalam kasus makan berlebihan.

8. Tata kembali jadwal hangout bersama teman-temanmu
Makan bersama teman via girleatsworld.curious-notions.net
Hangout bersama dengan teman-teman memang mengasyikan. Terutama dengan mereka yang sudah akrab dan tidak canggung lagi denganmu. Sayangnya, kadang teman-temanmu adalah salah satu ujian dalam program dietmu. Terlebih jika kamu memilih restoran atau tempat makan lainnya sebagai lokasi hangoutmu.

Saking asyiknya bercakap-cakap dengan temanmu, kamu tidak menyadari bahwa kamu sudah menghabiskan lebih banyak makanan dari biasanya. Bisa jadi karena ide salah satu temanmu untuk memesan lagi beberapa makanan atau memang karena perasaan tidak enak berlama-lama di restoran tersebut tanpa memesan makanan ekstra.

Hei, tenang saja. Kamu bisa mengatasi ini dengan hangout dengan temanmu tanpa mengkhawatirkan hal ini lagi. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk traveling dan hunting foto bersama.

9. Membiasakan diri untuk melihat makanan bergizi bisa memotivasimu untuk mengkonsumsinya lho.
Mata jeruk via girleatsworld.curious-notions.net
Jika selama ini kamu kerap melihat berbagai makanan tidak sehat melalui media sosialmu, kamu harus mulai menyusun strategi baru untuk menghentikannya. Kerap melihat makanan tidak sehat hanya akan membuatmu terpicu untuk mengkonsumsinya.
Baca [ 6 Tips Diet Sehat Ala Orang Jepang yang Wajib Kamu Coba! ]
Sebaliknya, jika kamu membiasakan diri melihat makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran segar, maka kamu akan termotivasi untuk mencicipi dan memakannya. Maka mulai sekarang protect dirimu dari melihat makanan tidak sehat dan menggantinya dengan melihat gambar-gambar makanan bergizi yang bagus untuk program dietmu.

10. Menuliskan secara detail apa yang kamu konsumsi membantumu untuk menurunkan berat badan
Food diary via futurefit.co.uk
Wanita yang menuliskan apa yang mereka konsumsi, termasuk minuman, ukuran porsi dan rincian persiapan, lebih mungkin untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, seorang yang menulis apa yang dimakannya secara rutin dapat mengontrol setiap butir makanan yang masuk tubuh.

Tulislah secara rutin apa saja yang kamu konsumsi sejak kamu sarapan hingga makan malam. Jangan lupa untuk mencatat cemilanmu lengkap dengan waktu makannya. Catatan ini bisa kamu evaluasi setiah tiga hari sekali untuk keberhasilan program dietmu.

Keberhasilan program diet tidak hanya semata dari berolahraga, tapi juga berbagai cara lain. Siapkan strategi jitumu untuk mengalahkan lemak-lemak yang bersemayam dalam tubuhmu. Niatmu yang kuat serta usahamu yang pantang menyerah akan membantumu mendapatkan berat badan yang ideal.