Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah

Jerawat, sudah menjadi hal yang tidak asing bagi kaum abg dan remaja. Si kecil merah ini selain mengganggu kesehatan kulit wajah, juga membuat kita menjadi tidak percaya diri, terutama bagi wanita. Banyak hal - hal kecil yang kita anggap sepele tapi bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Seperti kata pepatah, "lebih baik mencegah daripada mengobati", makanya kita harus tahu apa saja yang menyebabkan timbulnya jerawat, agar kita dapat mencegah daripada kita dibuat kesal oleh jerawat diwajah kita. Langsung saja kita bahas apa saja faktor penyebab tumbuhnya jerawat diwajah kita.
Penyebab Timbulnya Jerawat
Penyebab Timbulnya Jerawat

Penyebab Timbulnya Jerawat

1. Faktor Genetik / Keturunan
Menurut saya ini adalah penyebab tumbuhnya jerawat yang paling sulit untuk dicegah dan diobati, karena mau tidak mau jika ada dari anggota kita yang mempunyai riwayat penyakit jerawat akut, kemungkinan besar kita juga akan mengalaminya.

2. Akibat Stress
Mungkin di kalangan remaja ini menjadi faktor paling utama yang menyebabkan timbulnya jerawat. Stress yang berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Makanya mulai sekarang buat kalian yang sering galau dan sedih, secukupnya aja jangan berlebihan agar tidak mengundang jerawat di wajah kita.

3. Kulit yang Memiliki Kelenjar Minyak Sangat Aktif
Ini juga mungkin tergolong dalam faktor keturunan, tapi ini masih bisa dicegah, salah satunya dengan cara menggunakan masker yang dibuat dari mentimun, bisa juga menggunakan jeruk nipis ( tapi ini tidak dianjurkan untuk kalian yang memiliki kulit sensitif ), bisa juga menggunakan buah pisang yang diblender dengan campuran susu dan madu kemudian gunakan untuk masker wajah, bisa juga dengan cuci muka menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam, masih banyak lagi cara tradisional yang dapat mengobati wajah berminyak / untuk yang tidak mau repot bisa menggunakan pencuci wajah yang cocok dengan kulit kalian.

4. Akibat Hormon yang Berlebihan
Untuk kalangan remaja ini menjadi hal yang wajar yang bisa memicu tumbuhnya jerawat, yang penting kita harus dapat mengontrol kebersihan wajah agar kita dapat meminimalisir tumbuhnya jerawat.

5. Polusi Udara dan Sinar Matahari secara langsung
Ini mau tidak mau kita alami, terutama bagi kalian yang tinggal di kota besar. Oleh karena itu kita harus bisa mencegahnya salah satunya dengan menggunakan masker untuk kalian yang menggunakan motor / angkutan umum.

6. Terlalu Banyak Sentuhan dari Tangan ke Wajah
Secara tidak sadar tangan kita sangat banyak melakukan kontak dengan benda-benda yang mungkin saja terdapat banyak bakteri, sehingga tangan kita menjadi sarang bakteri, ini sangat sering kita acuhkan, terkadang kita menggaruk wajah setelah kita, padahal belum tentu tangan kita bebas dari bakteri, makanya mulai sekarang kita harus rajin mencuci tangan.

7. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Cokelat
Terlalu banyak memakan cokelat dapat meningkatkan kadar insulin yang dapat memicu hormon androgen berlebihan yang bisa menyebabkan kulit berminyak sehingga memicu jerawat. Mulai sekarang jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi cokelat lagi untuk yang hobby ngemil.

8. Kurang Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin A
Contoh makanan yang mengandung vit A yaitu: Wortel, Bayam, dll.

9. Alergi Terhadap Kosmetik
Untuk wanita agar lebih berhati-hati untuk memilih kosmetik, kita harus menyesuaikan kosmetik yang cocok dengan wajah kita agar tidak terjadi alergi, tidak boleh sering mengganti-ganti kosmetik jugga agar tidak terjadi alergi dan iritasi.

10. Kurang Meminum Air Putih
Air putih sangat penting bagi manusia, selain itu air putih juga sangat bagus untuk kesehatan kulit kita. Oleh karena itu kita harus meminum air putih yang cukup agar kita biisa hiidup sehat.

Sebenarnya masih banyak lagi faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat, tapi semoga artikel ini bisa membuat kita untuk meminimalisir tumbuhnya jerawat. Jaga kebersihan kulit wajah kita dan jangan menyepelekan hal-hal kecil yang bisa menimbulkan jerawat.