6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit

6 kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit

Bersih, putih, dan bercahaya tentu adalah sebuah impian semua orang, namun tidak semua orang lahir dengan hormon kulit yang sempurna. Sebagian dari kita memiliki kulit dan jerawat, bintik-bintik, gelap atau hitam dan masalah kulit lainnya. Di sisi lain ada juga masalah kulit yang disebabkan oleh kebiasaan buruk  kita yang bisa merusak kulit. Kebiasaan apa saja itu? Berikut 6 kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit :
Merusak Kulit
1. Hindari over Rated
Pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi garam, gula, kafein, dan juga minuman keras. Menurut fredic brandt dermatolog di New York City alkohol dapat membuat kulit terhidrasi sehingga membuatnya begitu mudah untuk kusam dan berjerawat.

2. membersihkan wajah terlalu sering
Hindari mencuci wajah anda terlalu sering, cukup mencuci muka dengan sabun wajah (berbasis minyak) di malam hari dan mencucinya dengan air saja saat pagi hari.

3. Exfoliator Berpasir
Pengelupasan sel-sel kulit mati tidak seharusnya menyakiti. Jika scrub membuat kulit merah dan jerawat anda harus menghindarinya karena itu tanda minyak alami pada kulit ikut terangkat. scrub berpasir (yang seringkali mengandung exfoliators alami kasar seperti  halnya Kernel atau biji) dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan bahkan bisa membuat bintik-bintik cokelat serta keriput.

Bisa gunakan exfoliator lembut dengan microbeads atau gula sekali dalam seminggu.

4. Korek-korek jerawat
Janganlah anda terlalu sering memegang, menekan atau bahkan memecahkan jerawat anda. Cukup gunakanlah pembersih asam salisilat dengan bahan-bahan pelembab seperti keledai pada malam hari. atau anda dapat mencoba pembersih yang mengandung benzoil peroksida 2,5%.

5. kurang tidur
Kurang tidur dapat membuat kulit anda kusam dan mengeluarkan garis-garis halus, terutama di sekitar mata. Melatonin adalah hormon yang membuat kita mengantuk dan mengatur ritme sirkadian kita. Ketika melatonin mengalami penurunan tingkat dan ritme sirkadian anda bermasalah, sel-sel kulit anda tidak bisa membalikan efisien menyebabkan lebih banyak keriput dan kusam dari waktu ke waktu. Akan lebih baik jika anda memilih mandi air hangat sebelum tidur, itu jauh lebih baik untuk membuat anda lebih cepat mengantuk.

Kebiasaan Buruk Dapat Merusak Kulit
6. Tidak tidur dengan cerdas
Mungkin bagi anda hanya cukup untuk tidur dengan memejamkan mata, tapi ternyata tidur harus menggunakan langkah yang cerdas. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sarung bantal.

Dalam sarung bantal banyak minyak sel kulit mati dan bakteri dari wajah anda, jadi cobalah untuk mengganti sarung bantal anda. Setidaknya “seminggu sekali” dan jika anda tidur di ruang berpendingin/AC, anda harus sering-sering minum air putih sehingga anda tidak memiliki kulit kering dan keriput.