Fakta Dibalik Cara Mencegah Jerawat

Fakta Dibalik Cara Mencegah Jerawat

Fakta Dibalik Cara Mencegah Jerawat

Kita tidak bisa mengendalikan kapan datangnya jerawat.Banyak orang yang sudah mengalami gangguan kulit ini setiap bulannya.Awalnya jerawat tiba-tiba muncul dan kemudian lama-kelamaan muncul banyak sehingga mengganggu penampilan anda.

Agar jerawat tidak timbul kembali,anda perlu memahami kenapa jerawatitu bisa muncul di wajah anda.Simaklah paragraf selanjutnya di artikel ini yang akan bisa membuat anda tahu penyebab kenapa jerawat bisa muncul di wajah anda.

Pahami jenis-jenis jerawat


  1. whitehead atau komedo tertutup merupakan salah satu jerawat yang memiliki ciri khas yaitu berwarna layaknya kulit dan agak menonjol dengan warna putih kemerahan.
  2. Blackhead atau komedo terbuka merupakan salah satu jerawat yang memiliki ciri khas yang hampir sama dengan  jerawat whitehead, hanya berbeda pada puncak tersebut terbuka dengan bebas dapat tersentuh dengan hembusan angin.Warna jerawat ini adalah warna hitam.
  3. Cyst atau jerawat batumerupakan salah satu macam jerawat yang disertai dengan peradangan.Menghadapi penyakit  yang satu ini harus lebih hati-hati, usahakan agar tidak memencet jerawat tersebut karena jika anda melakukannya akan berakibat fatal, yaitu bakteri yang ada di dalam jerawat bisa masuk ke dalam kulit.

Dibalik Cara Mencegah Jerawat

Penyebab munculnyajerawat

Banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di permukaan wajah anda yaitu :

  1. pemakaian make up. Semua orang pasti membutuhkan make up untuk riasan mempercantik wajah atau sebagai bentuk pencegahan masuknya sinar matahari. Bila make up yang digunakan tidak bersihkan, hal ini bisa memicu timbulnya jerawat.
  2. Sering menyentuh wajah.Banyak bakteri yang mengandung di tangan anda yang bisa berbahaya bila sampai ke mulut maupun wajah anda.Usahakan agar anda tidak menyentuh wajah atau melakukan gesture yang berhubungan antara wajah dan tangan.
  3. Produk rambut.Produk rambut memiliki banyak kandungan jahat yang bisa menyebabkan munculnya jerawat ke permukaan dahi bila anda sering menggunakan gaya rambut berponi.
  4. Peralatan make up kotor.Peralatan make up yang tidak dijaga kebersihannya secara teratur akan berubah menjadi sarang bakteri, untuk itu anda perlu membersihkan peralatan makeup anda, sebelum digunakan.

Cara Mencegah Jerawat

Makanan penyebab munculnya jerawat

Ada pula beberapa makanan lezat yang nyatanya dapat membantu munculnya jerawat.

  1. Karbohidrat olahan.Ada beberapa karbohidrat olahan yang bisa menimbulkan jerawat, yaitu pasta roti maupun kue yang bisa menyebabkan kulit berjerawat.
  2. Produk sapi.Berbagai macam olahan sapi yang kaya akan lemak dapat memicu timbulnya jerawat.
  3. Coklatmungkin salah satu makanan ini bukan pemicu timbulnya jerawat, namun coklat merupakan makanan yang bisa membuat jerawat semakin parah.
  4. Garam dan gorengan.Jika anda mengkonsumsi kedua olahan ini jangan terlalu berlebihan karena hal ini bisa memicu timbulnya jerawat.

Nah itu tadi beberapa fakta tentang jerawat, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih.