Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengurangi atau bahkan menyembuhkan mata minus, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab mata minus. Agar bagi Anda yang masih memiliki penglihatan normal dapat menghindari mata minus dengan mengetahui apa saja penyebabnya.

Penyebab Mata Minus
Penyebab mata minus adalah karena kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari. Salah satu penyebab yang paling umum dilakukan adalah membaca buku dengan jarak yang dekat dan dalam jangka waktu yang lama atau membaca buku di ruangan yang gelap/kurang pencahayaan. Selain itu, terlalu lama memandangi layar monitor dan menonton TV dengan jarak yang dekat juga dapat menyebabkan mata minus.

Mata menjadi minus karena otot mata akan bekerja keras agar dapat melihat suatu objek dengan jarak dekat, sehingga jika dilakukan terlalu lama dan sering, maka akan mengakibatkan otot mata terbiasa dengan keadaan tersebut, sehingga mata menjadi susah untuk memandangi objek dengan jarak yang jauh dan jadilah mata minus.

Banyak diantara kita yang mengambil cara instan untuk mengatasi mata minus, yaitu dengan menggunakan kaca mata khusus untuk mata minus untuk dapat melihat secara normal. Namun, sebenarnya jika kita menggunakan kaca mata berarti akan memastikan bahwa kita tidak dapat sembuh lagi karena otot mata akan semakin terbiasa dengan jarak pandang tersebut.
Cara Menyembuhkan Mata Minus
Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami

Cara Menyembuhkan Mata Minus

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab dari mata minus, sekarang mari kita bahas cara menyembuhkan mata minus untuk Anda yang sudah terlanjur mengalaminya, berikut adalah cara mengatasi mata minus secara alami yang dapat dilakukan sendiri dirumah.
  • Membiasakan memandang objek tanpa menggunakan kaca mata

Cara pertama adalah dengan membiasakan melihat tanpa kaca mata ketika kita tidak terlalu membutuhkannya untuk melihat suatu objek. Pastinya diluar jam kerja atau momen-momen penting dimata Anda harus menggunakan kaca mata.
  • Memandang objek yang jauh atau bergerak

Lalu, pada saat sedang tidak menggunakan kaca mata, cobalah untuk memandangi berbagai objek yang jauh. Salah satu tempat yang cocok untuk mencobanya adalah di sawah, karena memiliki sudut pandang yang jauh.Selain itu, coba juga memandangi objek yang bergerak tanpa menggunakan kaca mata. Jalan raya adalah salah satu tempat yang bisa Anda coba. Caranya dengan mengamati berbagai objek yang bergerak seperti kendaraan yang berlalu-lalang di jalan.
  • Membatasi waktu di depan layar monitor

Cara selanjutnya adalah dengan membatasi waktu jika Anda harus bekerja didepan komputer. Luangkanlah waktu setiap 25 menit sekali untuk pergi keluar rumah, lalu memandangi objek berwarna yang berada disekitar Anda. Pandangilah objek yang berwarna cerah seperti dedaunan untuk beberapa saat.
  • Menyehatkan kelenjar air mata

Cara yang dapat dilakukan untuk menyehatkan kelenjar air mata tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan menempelkan daun sirih pada kedua mata ketika tertidur. Daun sirih dipercaya dapat mengurangi bakteri yang berkembang biak di mata. Cara ini juga dapat memperbaiki produksi air mata sehingga lebih sehat.
  • Menguras air mata

Cara untuk menguras air mata dapat dilakukan dengan cara memandangi cahaya api dari lilin di dalam ruangan yang gelap. Tatap lilin hanya dengan sedikit kedipan mata hingga air mata keluar. Hal ini bertujuan agar dapat mengeluarkan kotoran dan bakteri pada mata dan menggantinya denan yan baru.
  • Mencegah dan membersihkan mata kotor

Jika hendak keluar rumah menggunakan motor, hendaknya menggunakan pelindung mata seperti helm agar terhindar dari kotoran yang masuk ke mata. Jika memang sudah terlanjur terkena debu dari luar rumah, basuh lah mata hingga bersih atau bisa menggunakan obat tetes mata secukupnya.
  • Mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata

Makanan yang paling baik untuk mata adalah makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Salah satu contohnya adalah wortel. Untuk Anda yang tidak terlalu menyukai sayuran, bisa Anda kreasikan sendiri wortel menjadi lebih menarik seperti dibuat menjadi jus atau dicampurkan pada makanan lainnya.