Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah

Cara mengatasi bibir kering pecah-pecah

Bibir yang indah juga merupakan salah satu penampilan yang harus dijaga oleh wanita, oleh sebab itu jika seorang wanita memiliki bibir pecah-pecah hal ini bisa menyebabkan adanya gangguan penampilan dari wanita tersebut, selain itu banyak orang mengira bahwa bibir pecah-pecah dari seseorang hanya muncul saat musim panas atau musim kemarau saja, namun bibir pecah-pecah juga bisa muncul saat musim hujan.

Ada beberapa penyebab dan gejala dari bibir pecah-pecah tersebut, karena bibir memiliki kondisi yang unik dari pada bagian kulit yang lainnya, karena di bagian ini ada kelenjar minyak untuk menjaga kelembabannya, oleh sebab itu jika bibir terkena paparan sinar matahari saat musim kemarau atau saat kelembaban udara rendah, hal ini bisa membuat bibir menjadi kering.

Hal ini bisa menjadi lebih buruk jika seseorang tidak merawat bibirnya dengan baik, kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh seseorang yaitu mentira tidur sendiri jika bibir terasa kering, padahal hal ini bisa menyebabkan bibir lebih memburuk.

Jika anda mengalami gejala di bawah ini, berarti anda mengalami kekeringan pada bibir anda, yaitu unsur fisik pada bibir bibir terasa kering, mengelupas, bengkak, terdapat luka. Jika sudah parah bisa mengalami pendarahan pada bibir anda, untuk itu anda perlu mengetahui tips untuk mengatasi bibir pecah-pecah di bawah ini :

Cara Mengatasi Bibir Kering
1. Kurangi kebiasaan menjilat bibir
Meski dengan menjilat bibir anda bisa membasahi bibir yang mengalami kekeringan, namun hal ini bisa malah memperburuknya, karena air liur bisa lebih cepat menguap dan hal ini menyebabkan bibir mengalami kondisi lebih kering daripada sebelum di jilat.

2. Gunakan pelindung bibir saat cuaca kring
Anda dapat memakai lips bumper tabir surya yang bisa membuat perlindungan optimal dari pengaruh cuaca, jika anda sering beraktifitas diluar ruangan maka anda juga perlu menambah kebutuhan penggunaan pelindung bibir.

3. Hindari pemicu alergi
Jika anda memiliki alergi dengan beberapa bahan-bahan, anda perlu menghindarinya seperti parfum lalu juga kosmetik warna atau produk perawatan kulit.

mengatasi bibir kering pecah pecah
4. Minum air putih
Selanjutnya jaga tingkat hidrasi agar bibir tetap lembab anda perlu minum air putih yang banyak, agar bagian tubuh termasuk bibir tetap terhidrasi kita perlu memasang pelembab udara di ruangan agar kelembaban dalam ruangan tersebut tetap terjaga.

5. Batasi makanan pedas dan juga asam
Jika anda menyukai makanan pedas maupun asam, sebaiknya anda mengurangi pengonsumsian makanan tersebut, karena kedua jenis makanan ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada bibir karena bibir mengalami kekeringan dan juga pecah-pecah, untuk itu anda perlu mengkonsumsinya dalam batas wajarnya saja.

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan tentang cara mengatasi bibir pecah-pecah, semoga bermanfaat dan juga terima kasih.