Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan

Banyak diantara kita yang menganggap cegukan adalah masalah yang sepele, karena apabila kita terkena cegukan, cukup dengan meminum air saja biasanya sudah dapat menghilangkan cegukan dengan sendirinya. Namun ada juga beberapa orang yang mengalami cegukan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak hilang hanya dengan meminum air saja atau disebut juga dengan cegukan permanen. Nah, pertama kita akan membahas terlebih dahulu apa saja penyebab munculnya cegukan.

Cegukan bisa dialami oleh siapa saja, baik itu balita, remaja, orang dewasa, laki-laki ataupun permenpuan. Biasanya cegukan ini disebabkan oleh kekurangan kadar mineral dalam tubuh, dan apabila itu terjadi, biasanya akan muncul suara cegukan seperti "hik-hik-hik", walaupun terlihat sepele namun cukup mengganggu juga.

Cegukan atau dalam bahasa inggrisnya yaitu hiccups atau hiccough yang dimabil dari suara "hik-hik" yang keluar ketika cegukan dan dalam bahasa mendisnya, disebut dengansingultus, kata tersebut diambil dari kata singult yang bebarti penarikan nafas ketika menangis tersedu-sedu.

Penyabab umum lain munculnya cegukan adalah tertawa yang terlalu keras, makan terlalu cepat, batuk terlalu keras, mengkonsumsi minum dan makanan yang panas, memakan makanan yang pedas, ataupun karena terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Cegukan ini bisa juga ada yang disebabkan karena sedang mengidap penyakit tertentu, seperti penyakiat ginjal dan tumor.

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari munculnya cegukan, mari kita bahas penanganannya yaitu cara menghilangkan cegukan. Perlu anda ketahui juga bahwa cegukan ini dibedakan menjadi dua, yaitu cegukan sementara dan cegukan permanen.
Menghilangkan Cegukan
Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan

Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan

Pertama kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan cegukan sementara, karena pada jenis cegukan ini cukup mudah dihilangkan dan dapat dilakukan sendiri dirumah.
  1. Minum air dingin sedikit demi sedikit, tidak boleh terburu-buru.
  2. Menggunakan gula, caranya dengan memasukan sesendok gula kedalam mulut, jangan langsung ditelan, tetapi biarkan gula tersebut memeleh akibat ludah kita.
  3. Tarik nafas dalam-dalam sekitas 10 detik, tahan, lalu keluarkan nafas secara perlahan. Ulangi hingga cegukan dirasa sudah hilang.
  4. Bernafas dengan kantong kertas, caranya dengan mendempetkan lubang pada kantong kertas hingga menutupi area hidung, lalu tarik dan buang nafas didalam kantong tersebut.
  5. Dikagetkan, caranya mintalah kepada seseorang untuk sebisa mungkin mengagetkan Anda.
  6. Usapkanlah minyak kayu putih pada area leher hingga perut.
  7. Mengunyah irisan lemon atau jeruk nipis yang masih segar karena dapat mengganggu polas implus saraf vagus untuk menghilangkan cegukan
  8. Dengan memakan satu sendok selai kacang, karena dengan memakan selai kacang dipercaya dapat mengubah irama pernapasan
  9. Mengubah posisi kepela dibawah dan kaki diatas
  10. Letakkan jari tangan Anda dilangit-langit mulut, lalu pijat secara lembut dan halus

Nah, jika kesepuluh cara diatas sudah dilakukan dan cegukan belum hilang juga, itu tandanya Anda sedang mengidap cegukan permanen. Untuk cara pengobatannya, silahkan berkonsultasi dengan spersialis THT atau orang yang ahli dalam hal tersebut.