Berbagai Penyakit yang Ditimbulkan Dari Radiasi Ponsel

Hampir setiap orang pasti memiliki berbagai perangkat elektronik atau gadget yang sering digunakan untuk kegiatan sehari - hari, dan taukah Anda bahwa setiap perangkat elktronik itu memancarkan berbagai radiasi yang jika diterima oleh tubuh secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai hal yang buruk bagi kesehatan.

Tujuan dari kemajuan teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia, bukannya malah menimbulkan berbagai penyakit mematikan atau bahkan kematian. Hal-hal buruk tersebut tentunya bisa kita hindari dengan kesadaran masing-masing untuk tidak menggunakan perangkat elektronik tersebut secara berlebihan, karena apabila setiap hal yang dilakukan secara berlebihan, hal baik pun dapat menjadi buruk, contoh mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter akan berdampak baik bagi kesehatan, tetapi apabila berlebihan maka akan mengakibatkan over dosis.

Salah satu dari sekian banyak barang elektronik yang sering kita gunakan untuk kepentingan sehar - hari adalah ponsel/handphone. Perangkat elektronik tersebut memang dibuat demi memudahkan berbagai pekerjaan manusia dan tidak bisa dilepaskan karena ketergantungan kita terhadap perangkat elektronik tersebut untuk berbagai keperluan seperti berkomunikasi jarak jauh. Perlu Anda ketahui apa saja dampak yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan tubuh manusia.

Bahaya dari radiasi yang dipancarkan ponsel tersebut ternyata dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan seperti kanker yang dapat berakhir pada kematian. Pada tahun 2011 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendapati sebuah laporan yang menyatakan bahwa radiasi dari ponsel terdapat karsinogenik bagi manusia, hingga dapat meningkatkan risikoglioma yang dapat berujung pada kanker ganas.

Nah, selain kanker ganas, ternyata masih terdapat beberapa penyakit lainnya yang dapat ditimbulkan dari radiasi handphone, cukup menyeramkan bukan? Ternata gadget yang sering kita gunakan sehari - gari memiliki banyak dampak yang buruk bagi kondisi tubuh manusia. Berikut adalah dampak negatif lainnya dari radiasi ponsel selain dari kanker ganas.
Berbagai Penyakit yang Ditimbulkan Dari Radiasi Ponsel

1. Kanker otak
Taukah Anda bahwasanya radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dikategorikan sama dengan zat berbahaya karsinogenik, yaitu seperti asap knalpot, timbal, dan kloroform. Jadi apabila kita menggunakan ponsel terlalu lama atau berlebihan, apalagi apabila menelpon dengan jangka waktu yang cukup lama dengan posisi handphone yang ditempelkan pada telinga dan anggota kepala lainnya. Jika dilakukan secara terus menerus maka dapat menyebabkan kanker otak. Jadi gunakanlah ponsel tersebut secukupnya saja.

2. Mengurangi daya ingat
Penyebab buruk dari radiasi ponsel yang satu ini hampir sama seperti penyebab kanker otak diatas, yaitu apabila kita terlalu lama menggunakan ponsel untuk menelpon dengan menempelkan handphone tersebut ketelinga atau area wajah lainnya. Lebih parahnya lagi apabila kita menelpon hingga ponsel menjadi panas.

Karena pada saat itulah terdapat banyak radiasi yang dikeluarkan oleh ponsel dan dapat mengakibatkan menurunnya daya ingat. Dan apabila hal tersebut dialami oleh anak-anak yang otaknya masih dalam masa pertumbuhan, akan berpengaruh buruk bagi daya ingat dan psokologis bagi perkembangannya.

Sebenarnya masih ada lagi berbagai dampak negatif dari dariasi hanphone ini seperti dapat mengakibatkan gangguan pada janin untuk ibu hamil dan mengurangi produksi sperma bagi pria. Nah, dengan Anda mengetahui apa saja dampak dan penyakit yang ditimbulkan dari radasi ponsel, janganlah menggunakan ponsel dengan jangka waktu yang lama dan terus.