Mengenal beragam Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Mengenal beragam manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Ubi jalar menjadi satu tanaman umbian yang cukup mudah di temukan. Iklim tropis serta sifat tanaman yang mudah tumbuh menjadikan ubi jalar sebagai salah satu panganan favorit oleh sebagian masyarakat kita. Mulai di olah menjadi lauk, sayuran hingga cemilan, ternyata ubi jalar memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan.

Penasaran dengan beragam manfaat dari ubi jalar bagi kesehatan, simak beberapa poin manfaatnya berikut ini.
Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan
Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan
1. Sumber energi
Ubi jalar memiliki kandungan zat besi dan magnesium yang bermanfaat untuk menambah energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.

2. Membantu menjaga kekebalan tubuh
Kandungan nutrisi yang terdapat pada ubi jalar memiliki pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan. Vitamin C, B Kompleks, fosfor dan besi. Kandungan bekaroten pada ubi jalar memiliki manfaat bagi tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit yang bersifat ringan, terutama masalah pada peradangan.

3. Mengatasi radang pada lambung
Ubi jalar memiliki kandungan serat yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan kentang, selain itu ubi jalar bersifat mudah di cerna. Bekaroten dan kandungan serat yang terdapat pada ubi jalar akan mempermudah usus dan lambung untuk mencernanya. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi ubi jalar akan menekan terjadinya radang pada lambung.

4. Sumber karbohidrat
Bagi penderita diabetes, karbohidrat juga menjadi hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsinya selain gula. Penderita diabetes memang memiliki pantangan beragam jenis makanan yang tidak boleh diabaikan, bahkan bisa di bilang sangat ketat. Termasuk karbohidrat, karena jumlah karbohidrat yang dapat di konsumsi juga harus dibatasi.
Ubi jalar bisa menjadi alternatif pengganti karbohidrat bagi penderita diabetes. Dengan di konsumsi tidak melebihi batas, ubi jalar cukup efektif untuk meregulasi gula darah dan tetap membantu insulin agar insulin tetap tetap berfungsi dengan baik.

5. Meredakan asma
Berdasarkan penelitian ahli nutrisi, ubi jalar memiliki banyak sekali nutrisi yang mampu menjaga tubuh agar tetap hangat. Di balik itu ubi jalar juga memiliki khasiat untuk mengatasi bronkitis, hingga meredakan asma. Bahkan berdasarkan beberapa sumber mengatakan bahwa konon aroma yang sangat khas dari ubi jalar dapat membantu meredakan hidung yang mampet akibat flu.

6. Menjaga kesehatan jantung
Vitamin B6 yang terkandung pada ubi jalar memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu asam amino yang terdapat pada ubi jalar dapat mencegah terjadinya penumpukan dalam darah. Hal ini karena ketika penumpukan salah satu asam amino yang (hemositoin) pada darah akan meningkatkan resiko terserang stroke atau jantung. Maka dari itu ubi jalar cukup direkomendasikan untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

7. Menjaga kesehatan persendian
Kandungan mangan pada ubi jalar berkhasiat untuk menekan bermacam-macam masalah pada bagian persendian. Seperti masalah pada tulang, persendian, hingga pengeroposan tulang. Jadi, ubi jalar juga dapat di konsumsi sebagai makanan atau cemilan yang mirip seperti halnya mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kalsium.

8. Mempertahankan kekuatan gigi
Jika anda sering mengalami gusi berdarah, atau mengalami gigi yang mudah goyang, sebaiknya anda harus mulai mengkonsumsi ubi jalar. Kandungan vitamin C pada ubi jalar mampu memenuhi sebanyak 70 persen kebutuhan vitamin C harian anda. Karena itu, ubi jalar juga sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama untuk menurunkan resiko terjadinya gusi berdarah dan gigi menjaga kekuatan pada gigi agar tidak mudah goyang.