7 Manfaat Kulit Jeruk yang perlu anda ketahui

7 Manfaat kulit jeruk yang perlu anda ketahui

Salah satu buah yang kaya dengan vitamin C, memiliki rasa yang segar, kemudian jeruk juga termasuk ke dalam salah satu buah yang paling favorit bagi seluruh orang di dunia. Hal ini menjadikan jeruk menjadi salah satu makanan atau minuman yang memiliki rasa paling digemari oleh banyak orang. Tapi tahukah anda bahwa ternyata di balik kesegaran rasanya, kulit jeruk juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Sejak zaman dahulu kulit jeruk telah digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit dengan cara diolah secara alami. Baik disajikan sebagai makanan maupun minuman. Jika anda suka dengan buah jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, sebaiknya anda perlu mencoba salah satu cara untuk menikmati kesegaran serta manfaat yang tersimpan di balik kulit jeruk. Yaitu dengan cara mengolahnya menjadi infused water. Selain lebih mudah, praktis dan memiliki rasa yang segar, berikut terdapat beberapa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan.
Manfaat Kulit Jeruk
7 Manfaat Kulit Jeruk yang perlu anda ketahui
1.Meredakan flu dan demam
Selain kaya dengan kandungan vitamin C, antioksidan yang terdapat pada kulit jeruk juga mampu meredakan flu dan demam. 

2.Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin C memiliki manfaat sebagai peningkat kekebalan dalam tubuh. Selain itu di balik manfaat vitamin C juga memiliki manfaat positif untuk menjadikan tubuh lebih berenergi.

3.Mengatasi masalah pencernaan
Dalam kulit jeruk mengandung salah satu zat yang memiliki manfaat sebagai anti peradangan, dimana zat tersebut cukup bermanfaat untuk mengatasi masalah pada perut, terutama yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

4.Menurunkan kolesterol
Jika anda peduli dengan kesehatan jantung, sebaiknya mulailah mengkonsumsi kulit jeruk. Kandungan hesperidin yang terdapat pada kulit jeruk mampu menurunkan tingkat kolesterol yang menjadi pemicu penyakit jantung.

5.Menurunkan berat badan
Infused water kulit jeruk bisa menjadi salah satu menu yang patut di coba bila anda sedang menjalankan program diet. Di balik rasanya yang asam dan pahit, namun metabolisme tubuh dapat ditingkatkan dengan minuman yang menggunakan kulit jeruk. Dengan meningkatkan aktivitas metabolisme dalam tubuh, berarti secara tidak langsung cukup efektif untuk membantu program anda untuk menurunkan berat badan.

6.Meredakan bronkitis
Infeksi yang terjadi pada saluran paru-paru menjadi penyebab terjadinya peradangan, yang lebih di kenal dengan bronkitis. Kandungan antioksidan pada kulit jeruk mampu mencegah dan meredakan masalah yang disebabkan karena pernafasan. Seperti masalah bronkitis, asma, atau masalah pada paru-paru. Bila anda memiliki masalah terhadap hal ini, rebusan kulit jeruk menjadi salah satu penawar yang cukup ampuh untuk meredakannya.

7.Dapat mencegah kanker
Manfaat yang paling di kenal dari kulit jeruk adalah dapat mencegah kanker. Bila anda pernah mendengar hal ini, karena kandungan pada kulit jeruk terdapat vitamin C dan flavonoid yang merupakan salah satu zat paling efektif untuk mencegah sel kanker berkembang pada tubuh, terutama kanker paru-paru dan kulit.

Beberapa manfaat kulit jeruk di atas semoga dapat menjadi referensi bagi anda dalam menjaga kesehatan ataupun mengatasi masalah kesehatan yang bisa didapatkan dari kulit jeruk. Untuk mengolah kulit jeruk untuk digunakan sebagai minuman caranya cukup dengan dikeringkan kemudian dijadikan bubuk, bisa juga dengan cara merebusnya, atau dengan langsung memasukkannya ke dalam air panas sambil di tunggu untuk siap di minum. Bila anda ingin menjadikannya sebagai makanan atau cemilan, anda bisa mengolahnya dengan cara menjadikannya sebagai manisan.