Gangguan kesehatan yang disebabkan karena duduk terlalu lama

Gangguan kesehatan yang disebabkan karena duduk terlalu lama

Saat menyelesaikan pekerjaan di kantor, waktu berjalan tidak akan terasa. Bisa jadi anda justru akan merasa malas untuk mengangkat tubuh anda karena masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Atmosfir dalam dunia kerja di kantor sangat identik dengan yang namanya duduk dan berhadapan dengan komputer. Tanpa disadari anda telah mengabaikan beberapa hal yang sebaiknya dihindari, seperti membatasi waktu saat berhadapan dengan layar monitor, melakukan jeda, terlalu fokus, dan masih banyak lagi.

Aktivitas yang dilakukan dengan keadaan duduk dan dilakukan secara berkelanjutan memiliki efek negatif bagi kesehatan. Apalagi jika anda setiap harinya menghabiskan waktu dengan duduk, jarang olah raga, kemudian melupakan tubuh untuk memberikan asupan cairan. Kondisi tersebut bisa menjadikan salah satu awal dari berbagai gangguan kesehatan. Berikut adalah gangguan kesehatan yang terjadi karena terlalu lama duduk di depan layar komputer.

1.Gangguan pada mata
Pada saat berada di depan komputer, sebaiknya jangan abaikan untuk memberikan jeda pada mata untuk beristirahat. Mata yang terlalu fokus layar monitor dalam waktu lama bisa menyebabkan gangguan pada mata, seperti resiko mata mengalami plus atau silinder.

2.Anyang-anyangan
Merasa sakit ketika buang air kecil atau nyeri dan terlihat seperti lendir yang keluar saat buang air kecil bila terjadi pada pria, hal tersebut adalah adalah dampak yang dapat dirasakan tubuh secara langsung. Penyebab anyang-anyangan adalah karena infeksi saluran kemih, atau bisa juga karena tubuh mengalami dehidrasi.

Terlalu lama duduk saat bekerja biasanya akan membuat anda lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih. Sehingga anyang-anyangan menjadi salah satu gangguan yang paling sering dialami bagi mereka yang sering duduk berlama-lama saat bekerja tanpa memperhatikan asupan cairan.

3.Gangguan pencernaan
Rutinitas yang berkelanjutan dan mengabaikan waktu makan menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi jika anda sering duduk dalam waktu yang lama. Kesibukan seakan melupakan anda pada kebutuhan perut yang butuh asupan nutrisi untuk menambah energi. Maag menjadi salah satu gangguan yang paling sering dialami bagi mereka yang setiap harinya bekerja di depan komputer.

Bukan hanya tidak teraturnya pola makan, tetapi hal lain yang bisa menjadi penyebabnya adalah seperti mengkonsumsi obat-obatan, alkohol, stres, kemudian bisa juga yang disebabkan karena pola tidur yang tidak teratur.

4.Stres
Tingginya tingkat kesibukan dan tekanan sehari-hari menjadi salah satu penyebab timbulnya stres. Jika tidak dikelola dengan baik, maka bukan hal yang mustahil akan berdampak pada kesehatan. Karena ketika kondisi otak sedang berada dalam sebuah tekanan, maka secara otomatis otak akan melepaskan hormon yang bertugas untuk menyuplai energi pada tubuh untuk menghadapi situasi yang sedang terjadi saat itu.

Ketika tidak dapat mengelola stres dengan baik maka memicu berbagai penyakit. Seperti sakit kepala, masalah pencernaan, iritasi kulit, hingga menjadikan daya tahan tubuh menurun. Maka dari itu stres menjadi gangguan kesehatan yang paling sering ditemukan dalam dunia kerja, termasuk di dalamnya bagi mereka yang setiap harinya beraktivitas dengan duduk dalam waktu yang lama atau di depan komputer.

5.Gangguan peredaran darah
Hal lainnya yang bisa terjadi adalah sistim peredaran dalam darah yang terganggu, bisa di picu karena tubuh kurang gerak bisa menjadi salah satu gangguan yang berpotensi dialami oleh mereka yang sering duduk dalam waktu yang lama. Sebaiknya berikan sedikit waktu setiap beberapa jam agar tubuh bergerak dan membiarkan peredaran darah mengalir dengan lancar dengan cara melakukan jalan-jalan kecil, atau bisa saja diatasi dengan cara melakukan sedikit peregangan ototdi ruang kerja. Jangan biarkan beragam penyakit akan mendatangi anda, misalnya seperti stroke atau jantung.