Tips Meminimalkan Efek Buruk Radiasi Ponsel bagi Kesehatan

Tips meminimalkan efek buruk radiasi ponsel bagi kesehatan

Ponsel adalah salah satu alat komunikasi yang paling sering digunakan, bahkan dari segi penggunaannya saat ini juga telah merambah ke berbagai aktivitas. Selain untuk melakukan panggilan dan berkirim pesan, penggunaan ponsel lainnya adalah seperti membantu anda dalam membuat catatan, browsing, mendengarkan musik, atau bermain game.

Perubahan teknologi yang semakin pesat menjadikan ponsel sebagai salah satu media elektronik yang memiliki gelombang elektromagnetik yang paling sering digunakan. Akibatnya, meskipun banyak terdapat pro dan kontra, beragam efek negatif akibat radiasi ponsel menciptakan beragam penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Mulai dari sakit kepala, alzheimer, parkinson, tumor otak, hingga kanker. Karena itu sebaiknya anda jangan mengabaikan efek buruk dari radiasi jika anda setiap harinya memiliki frekuensi yang tinggi terhadap penggunaan ponsel.

Untuk mencegah atau meminimalkan beragam penyakit yang diakibatkan radiasi telepon seluler, berikut terdapat beberapa cara untuk menyiasatinya.
  1. Ketika anda sedang melakukan atau menerima panggilan, pastikan bahwa sinyal dalam kondisi sangat baik. Karena ketika sinyal tidak stabil, itu akan meningkatkan radiasi pada ponsel yang disebabkan ponsel akan bekerja ekstra untuk menangkap sinyal untuk tetap dapat terhubung dengan panggilan yang sedang anda lakukan. Hal ini akan terjadi secara otomatis dan berulang. Jadi sebaiknya jangan lupa untuk memastikan sinyal anda dalam kondisi baik.
  2. Untuk meminimalkan radiasi pada ponsel, anda juga dapat menggunakan earphone saat melakukan panggilan ataupun menerima panggilan. Penggunaan earphone akan meminimalkan tingkat radiasi yang secara langsung di serap oleh tubuh bila dibandingkan anda melakukan panggilan tanpa menggunakan earphone.
  3. Bila anda tidak memiliki earphone atau lupa membawa earphone, sebagai cara alternatif lainnya untuk meminimalkan radiasi ponsel adalah dengan menggunakan speakerphone / mode speaker. Dengan memanfaatkan speakerphone, anda dapat menjaga jarak ponsel dari bagian kepada anda sedikit lebih jauh sehingga radiasi ponsel secara tidak langsung akan lebih minim di serap oleh tubuh.
  4. Sebaiknya, disarankan menggunakan ponsel pada ruangan terbuka. Dengan begitu radiasi yang dikeluarkan oleh ponsel akan mengalami penguraian sehingga dapat meminimalkan paparan radiasi dari ponsel yang sedang digunakan terserap oleh tubuh.
  5. Bila anda menggunakan ponsel secara langsung dalam durasi yang cukup lama, jangan lupa untuk menggunakan ponsel anda secara bergantian pada telinga. Menggunakan telinga kiri dan kanan secara bergantian dalam durasi tertentu dapat meminimalkan resiko terbentuknya tumor otak, selain itu kelelahan pada otot tangan juga akan dapat diminimalkan.
  6. Radiasi ponsel bukan hanya di serap oleh organ tubuh yang dekat dari bagian kepala saja, tetapi juga bagian lainnya. Oleh sebab itu hindari meletakkan ponsel anda pada saku dada ataupun saku celana anda. Karena radiasi yang ditimbulkan juga dapat menyebabkan jantung atau organ reproduksi.
  7. Jika anda pernah mengalami patah atau kerusakan pada bagian tulang sehingga harus menanamkan alat bantu yang menggunakan bahan dari logam, sebaiknya hindari penggunaan ponsel yang berlebihan. Bahan titanium atau alloy yang anda gunakan sebagai implan pada tulang akan menjadi penghantar bagi radiasi dan berdampak buruk bagi tubuh.
  8. Manfaatkan fitur sms atau chat akhir-akhir ini juga di nilai sebagai salah satu metode yang cukup jitu untuk mensiasati paparan radiasi ponsel menjadi lebih minim. Bila dirasa informasi yang akan disampaikan kurang efisien dengan menggunakan sms atau chat, gunakan ponsel seperlunya saja.