Cara mengenali kondisi tubuh yang tidak sehat

Cara mengenali kondisi tubuh yang tidak sehat

Kesehatan adalah segala-galanya, tanpa tubuh yang sehat anda tidak dapat melakukan beragam aktivitas setiap harinya. Sekalipun anda memiliki jadwal kesibukan yang padat, dengan kondisi tubuh yang prima anda akan dapat melakukan segalanya dengan maksimal. Tetapi bagaimana jika tubuh anda sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat, pastinya beragam hambatan harus dialami dan menyebabkan produktivitas menjadi menurun.

Beberapa tanda tubuh yang sehat dapat dirasakan dan di lihat secara langsung. Selain itu anda juga dapat menganalisa dengan berbagai keluhan yang timbul setiap harinya. Mengetahui beberapa hal tersebut bisa dijadikan acuan tertentu untuk memahami apakah sebenarnya anda memiliki kesehatan tubuh yang baik, atau kebalikannya. Berikut beberapa ciri-ciri yang bisa anda perhatikan jika anda sebenarnya sedang dalam kondisi yang kurang sehat.

1.Suhu tubuh tidak stabil
Dalam cuaca panas anda merasa kedinginan, atau sebaliknya. Ini dapat terjadi pada bagian tangan, badan, hingga kaki. Sebagian orang mungkin pernah merasakan hal ini. Namun bila hal ini terjadi dalam frekuensi yang sering, ini bisa menjadi pertanda bahwa anda sedang kurang fit. Selain itu tidak stabilnya suhu tubuh yang terjadi dalam beberapa kali dalam satu hari bisa menjadi gambaran bahwa sebenarnya tubuh sedang dalam kondisi tidak sehat. Mungkin itu karena terlalu lelah, kurang istirahat, atau sedang mengalami penyakit tertentu yang menyebabkan demam karena sedang berperang melawan virus yang ada dalam tubuh.
Kalau hal ini terjadi pada anda beberapa kali dalam satu hari, atau mungkin beberapa kali dalam tiga hari kebelakang, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada ahlinya untuk memastikan masalah yang di alami oleh tubuh saat ini.

2.Mengalami masalah saat tidur malam
Susah tidur, atau kerap di sebut dengan insomnia dapat menjadi satu ciri-ciri bahwa sebenarnya anda sedang tidak sehat. Berbagai hal bisa menjadi penyebab mengapa anda mengalami masalah ini. Seperti stress, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, faktor kebiasaan, terlalu lelah, hingga masalah-masalah lainnya yang berkaitan terhadap faktor psikologis.
Bila susah tidur saat malam hari tidak ditanggulangi secara cepat dan tepat, tubuh semakin lama akan mengalami kesehatan yang menurun. Ini dikarenakan anda memiliki durasi tidur malam yang tidak cukup sementara tubuh bekerja secara maksimal sejak pagi hingga sore harinya.

3.Kulit terlihat kusam
Kualitas kulit akan tercermin dari kesehatan seseorang. Tingkat kesehatan dan elastisitas kulit dipengaruhi oleh berbagai hal. Asupan makanan, tingkat stres, gaya hidup, bahkan tidak tertutup kemungkinan kulit kusam yang dialami adalah sebuah dampak yang disebabkan karena satu penyakit yang sedang di alami.
Dengan menjaga pola hidup yang sehat, kesehatan kulit secara tidak langsung juga dapat terlihat dari kondisinya saat itu. Jadi, bila anda memiliki kulit yang kusam, bisa saja anda sedang memiliki masalah kesehatan yang harus segera ditanggulangi dengan cepat dan tepat.

4.Bibir pecah-pecah
Kelenjar minyak tidak terdapat pada bibir, sehingga bibir merupakan salah satu bagian luar dari tubuh yang paling mudah kehilangan kelembaban. Bisa disebabkan karena defisit cairan, kurang vitamin, paparan sinar matahari yang berlebih, atau kurangnya asupan nutrisi pada tubuh. Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah adalah satu tanda bahwa tubuh anda sedang kekurangan vitamin yang menyebabkan kulit pada bagian bibir tidak dapat menjaga kelembabannya.

5.Warna urine
Anda dapat memperhatikan tingkat kesehatan anda berdasarkan warna urine. Warna urine yang bening menjadi suatu tanda bahwa anda sebenarnya asupan cairan dalam tubuh telah terpenuhi dengan baik. Sedangkan sebaliknya, bila urine berwarna kekuningan hingga kuning pekat, tubuh sedang defisit cairan atau bisa saja sedang bercampur toksin dari makanan ataupun minuman yang di konsumsi.