7 Tanda ini menunjukkan bahwa anda terlalu banyak konsumsi gula

7 Tanda ini menunjukkan bahwa anda terlalu banyak konsumsi gula

Manis adalah salah satu rasa yang paling favorit, selain itu bisa dikatakan bahwa manis menjadi salah satu rasa khas yang terdapat pada berbagai makanan atau minuman. Kandungan manis yang terdapat pada gula menjadi salah satu sumber bagi tubuh untuk di ubah menjadi energi, serta mengatur kolesterol dan tekanan darah. Namun bila di konsumsi secara berlebih, gula menjadi sumber penyakit yang akan berdampak buruk bagi tubuh. Diawali dengan meningkatnya gula darah sehingga memberikan efek penurunan konsentrasi, mudah lelah, mudah tersinggung, hingga keseimbangan mental dalam tubuh yang menurun.

Sebagian besar makanan dan minuman yang ada dipasaran mengandung gula, jika anda tidak mengontrol secara ketat saat mengkonsumsinya, tidak tertutup kemungkinan gula darah akan meningkat signifikan. Sebagai tolak ukur apakah anda mengkonsumsi gula sesuai batasan, berikut terdapat beberapa pertanda bahwa anda sebenarnya telah mengkonsumsi gula melebihi batas normal.

1.Tubuh merasa lesu
Terlalu banyak makan gula dapat menjadikan tubuh menjadi defisit protein dan serat untuk tetap dapat mempertahankan energi. Asupan gula yang sesuai dengan batas normal dapat membuat seseorang akan terus berenergi. Begitu jika kekurangan ataupun kelebihan gula, tubuh akan merasa lesu untuk melakukan beragam aktivitas sehari-hari. 

2.Hasrat makan manis terus meningkat
Rasa manis pada gula dapat menjadi cara terbaik untuk mengatasi mood menjadi lebih baik, tetapi jika anda telah terlalu banyak konsumsi gula, maka tubuh akan meningkatkan permintaan asupan gula. Reaksi yang ditimbulkan adalah anda justru akan menginginkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Hal ini disebabkan karena gula juga dapat menciptakan candu yang dapat meningkatkan dosis takarannya. Semakin banyak anda mengkonsumsinya, maka secara perlahan anda akan semakin menginginkannya. Ini terjadi hingga anda telah berada pada kapasitas tubuh masing-masing individu.

3.Lidah mengalami beku terhadap rasa manis
Standar rasa manis akan berbeda-beda, begitupun bila anda terlalu banyak mengkonsumsi gula. Maka asupan manis yang telah di konsumsi akan memberikan efek mati rasa pada lidah terhadap rasa manis.

4.Kulit menjadi kusam
Seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi gula akan berdampak pada kulit yang terlihat kusam. Hal ini disebabkan karena gula telah merangsang produksi insulin yang berlebih dalam tubuh, sehingga menyebabkan munculnya beberapa masalah pada kulit. Seperti jerawat, kulit terlihat memerah, hingga menyebabkan kulit terlihat kusam.

5.Kenaikan berat badan
Insulin memiliki fungsi yang cukup berperan untuk meningkatkan bobot badan. Namun jika seseorang telah mengkonsumsi gula secara berlebihan akan menyebabkan produksi insulin semakin meningkat dan tidak dapat bekerja secara maksimal. Sehingga akan berdampak pada berat badan yang mengalami kenaikan karena insulin tidak dapat bekerja secara maksimal untuk merubahnya sebagai energi.

6.Gigi berlubang
Konsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan keasaman pada mulut. Dalam kondisi tersebut, bakteri akan lebih mudah dan cepat berkembang biak. Secara perlahan bakteri-bakteri yang terus hidup dan berkembang dalam mulut akan merusak gigi hingga menyebabkan gigi menjadi berlubang.

7.Mengalami kepikunan
Naiknya gula darah yang disebabkan karena konsumsi manis berlebih dapat menyebabkan menurunnya kinerja otak. Bila anda merasa sering lupa, sulit berkonsentrasi, atau mengalami kepikunan, ini juga bisa menjadi satu pertanda bahwa sebenarnya anda telah mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Itu dia 7 tanda yang bisa dijadikan tolak ukur apakah anda mengkonsumsi gula berlebih, atau sedang mengalami kenaikan gula darah sehingga tidak stabil yang disebabkan karena asupan gula berlebih dalam tubuh.