10 Tips Diet Dengan Camilan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Camilan hampir tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan santai kita, seperti menonton televisi, membaca buku ataupun sekedar nongkrong bareng teman. Walaupunngemilmerupakan kegiatan yang cukup mengasyikkan dan bisa dijadikan sebagai salah satu cara dalam menunda lapar, akan tetapi apabila kurang cermat dalam memilih camilan, justru dikhawatirkan akan berdampak negatif untuk kesehatan. Hal ini karena sebagian besar camilan memiliki banyak kadar gula, tingkat kolesterol yang tinggi serta macam zat lainnya yang dapatmengakibatkan naiknya berat badan.Oleh sebab itu berikut ini adalah beberapa tips diet dengan camilan sehat yang dapat mengenyangkan dan bisa dijadikan sebagai teman bersantai.


  • Smoothie blueberi


Minuman ringan ini banyak mengandung kalsium yang sangat baik untuk tulang dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas didalam tubuh yang bisa menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.


  • Es Krim


Es krim merupakan salah makanan ringan yang paling populer dan sangat digemari oleh sebagian besar orang di dunia. Apabila melihat es krim yang terbersit di benak Anda mungkin makanan yang tinggi lemak. Namun kini es krim juga telah tersedia yang rendah kalori dan rendah lemak. Jadi untuk yang gemar es krim akan tetapi sedang menjalani program diet tidak perlukhawatir lagi untuk mengkonsumsi es krim.


  • Yogurt dan keju


Seperti yang telah kita ketahui, yogurt dan meju makanan merupakan makanan yang mengandung banyakdan rendah kalori sehingga sangat baik untuk tubuh. Selain itu, yogurt dan keju dikombinasikan dengan makanan lain seperti sereal dan biskuit yang mengandung banyak magnesium dan fosfor, sehingga dapat mempermudah tubuh menyerap kalsium dan mineral.


  • Susu low fat


Untuk yang ingin tetap terlihat segar pada saat sedang diet, tips diet dengan camilan sehat berikutnya adalah dengan mengkonsumsi susu rendah lemak (low fat) bisa dijadikan pilihan sebagai pendamping dari camilan, tentu sajadengan takaran dan porsi yang pas.


  • Kacang almond


Kacang yang berbentuk lonjong dan kulit yang keras ini adalah jenis makanan ringan yang dapatdijadikan rekomendasi camilan yang menyehatkan pada saat bersantai. Namun yang harus diingat, apabila Anda sedang menjalani program diet, sebaiknya tidak mengkonsumsi kacang almond ini lebih dari 14 butir.


  • Biskuit


Menurut para ahlikandungan kalsium dalam biskuit hampir sama yang terdapat pada segelas susu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium, oleh karena itu sebaiknya biskuit yang di jadikan camilam memiliki takaran atau perbandingan yang sama dengan segelas susu.


  • Jelly atau agar-agar


Jelly atau agar-agar adalah jenis makanan yang kaya serat dan terbukti dapat menahan rasa lapar. Jadi tidak mengherankan apabila makanan ini sering direkomendasikanuntuk seseorang yang sedangmelakukan program diet sehat.


  • Pisang


Pisang merupakan makanan yang super sehat, karena di dalam pisang terkandung zat kalium sebesar 460 mg yang baik untuk kesehatan jantung. Pisang sering dijadikan makanan favorit untuk berdiet, karena selainrasanya yang manis, harga pisangjuga murah meriah dan mudah untuk di temui sepanjang tahun.


  • Popcorn


Makanan ringan yang sudah identik sebagai camilan ketikamennonton film di bioskop ini ternyata juga termasuk dalam kategori cemilan sehat. Di dalam setiap boks popcorn ukuran besar ternyata hanya terdapat kandungan lemak 1,5 gram dan kalori 93 kkal. Selain itu, makanan yang berasal dari jagung ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin E,vitamin B, magnesium, serat dan antioksidan yang telah terbukti dapatmenangkal penyakit kanker.


  • Brokoli


Brokoli memang bukanlah jenis camilan yang dikonsumsi oleh orang Indonesia,walaupunmemiliki kandungan gizi dan vitamin yang yang lengkap. Dalam setiap 100 gr brokoli mengandung 41 mg vitamin C, kalsium yang setara susu, folat, serta antioksidan. Jadi bisa dikatakan dengan mengkonsumsi brokoli setiap hari, maka setengah dari zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh telah terpenuhi.

Itulah beberapa camilan sehat yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Namun jangan lupa, agar diet berjalan sukses, selain mengonsumsi makanan sehat, sebaiknya juga melakukan olahraga secara rutin. Selain tips diet dengan camilan sehat seperti di atas, sesungguhnya masih banyak jenis makanan sehat lainnya yang dapat dikonsumsi.