Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh – Tidak hanya bermanfaat bagi si penerima donor. Bagi pendonor pun, ketika melakukan nya dengan rutin ternyata manfaat positif untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak. Hal ini sudah terbukti dalam dunia kesehatan dan sekaligus telah teruji. Dengan donor darah secara rutin, selain membantu ketersediaan stok darah dan membantu orang lain. Kualitas hidup anda pun akan mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Selain berdonor untuk ketersediaan stock darah, donor darah juga bisa dilakukan ketika dalam keadaan darurat dimana sudah tidak ada lagi ketersediaan stock darah di PMI. Jadi dengan tindakan yang mulia ini selain mendapat pahala dalam menolong orang lain, anda pun bisa mendapatkan manfaat yang kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat donor darah rutin untuk kesehatan tubuh yang perlu untuk anda ketahui.

Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh


1. Jantung yang sehat

Anda yang telah rutin berdonor darah, haruslah merasa senang karena orang yang rutin mendonorkan darahnya memiliki resiko terkena penyakit yang lebih rendah. American Journal of Epidiemology telah membuktikannya dengan penelitian terhadap para pendonor darah. Hasilnya 87% para pendonor darah rutin memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih kecil. Hal ini dikarenakan ketika darah anda diambil, terdapat regenerasi darah yang sangat membantu kinerja pompa jantung anda.

2. Menurunkan level iron

Ketika anda sedang berdonor darah, maka akan percepatan oksidasi kolesterol dalam tubuh yang notabene bisa merusak arteri dalam jantung anda. Kadar iron pun akan turun ketika anda sedang berdonor darah. Kadar iron yang terlalu banyak menyebabkan resiko penyakit kardiovaskular. Jadi dengan berdonor darah secara rutin anda bisa dengan alami menurunkan kadar iron yang ada dalam tubuh anda.

3. Menurunkan resiko kanker

Kanker merupakan sebuah momok yang menakutkan bagi manusia. Berdonor darah bisa menurunkan resiko kanker seperti kanker hati, kanker usus besar, kangker lambung sampai kanker tenggorokan. Dengan berdonor darah regenerasi sel-sel pun akan terus berjalan, sehingga sel-sel yang sudah mati akan terlepas dari tubuh anda.Dan proses pembentukan sel darah baru pun akan dengan cepat terbentuk.

4. Mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis

Jika hendak mendonorkan darah, sebelumnya pasti diadakan pemeriksaann kesehatan. Apakah masuk kriteria yang memang bisa sebagai pendonor ataukah tidak. Jadi kalau anda bisa mendonorkan darah anda, itu berarti anda sedang dalam kondisi fit dan sehat. Kalaupun tidak maka anda pun akan mengetahui bagaimana kondisi fisik anda dan bisa mengambil tindakan selanjutnya karena kondisi fiik anda yang tidak fit. Tes kesehatan sebelum donor memang harus dilakukan agar bisa mengetahui kelayakan pendonor apakah mampu atau tidak ketika mendonorkan darahnya.

5. Membantu tubuh ketika kekurangan darah

Tubuh akan lebih sehat bila anda terbiasa rutin mendonorkan darah anda karena tubuh sudah terbiasa menormalkan kekosongan darah. Dan ini sangat bermanfaat jika sewaktu waktu anda tiba-tiba terkena kekurangan darah seperti misalnya kecelakaan, pendarahan dll. Sehingga proses pernormalan darah pun akan cepat terjadi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat ketika anda rutin mendonorkan darah anda. Idealnya dalam donor darah dilakukan sekitar 3 bulan sekali. Jadi selamat berdonor dan semoga bermanfaat.