8 Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis dan Alami

Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis dan Alami – Keloid merupakan jaringan fibrosa yang tumbuh secara berlebihan dan terjadi pada bekas luka. Biasanya keloid tersebut akan terlihat memanjang, menonjol atau melebar dengan permukaan yang licin. Intinya keloid termasuk sebuah bekas luka menebal yang mana akan terasa jika disentuh dengan telapak tangan. Keloid muncul di bagian mana saja seperti  daerah wajah, bahu, hingga leher.

Pada umumnya keloid bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun, kehadiranya sangat mengganggu penampilan bahkan dapat menimbulkan rasa gatal, terlebih jika timbul di area wajah dimana akan mengurangi kecantikan pada kaum hawa. Beberapa penyebab keloid itu sendiri adalah karena luka bakar, luka goresan atau bekas suntik. Ada tips menghilangkan keloid berdasarkan ilmu medis dan metode alami yang perlu anda ketahui.

Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis dan Alami


Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis


1. Suntikan Cortisone

Suntikan cortisone termasuk cara aman dalam mengatasi keloid. Untuk metode yang satu ini dilakukan 1 bulan sekali secara rutin dan teratur. Cara ini terbilang ampuh dalam menghilangkan keloid di bagian tubuh. Sayangnya, terdapat efek samping dari penggunaanya yakni mampu menimbulkan ruam kemerahan. Tidak semua bekas keloid hilang dan masih ada tekstur kulit yang kasar.

2. Interferon

Interferon adalah sebuah protein yang berasal dari sistem kekebalan tubuh.  Di sisi lain interferon sangat manjur sebagai penghilang keloid dengan cara menyuntik ke dalam tubuh. Hanya saja pengobatan ini belum bisa menentukan lamanya efek yang akan berlagsung. Perkembangannya dengan beragam variasi, seperti  menggunakan aldara atau Imiquiod topika.

3. Laser

Menggunakan laser menjadi metode yang paling efektif dalam meratakan keloid sekaligus mengurangi ruam-ruam merah. Terapi ini juga terbilang aman dan tidak begitu menyakitkan, hanya saja membutuhkan beberapa tahap supaya hasil lebih optimal. Karena itulah, menjadikan biaya sangat mahal.

4. Silikon

Metode yang mana menggunakan selembar silikon yang diletakan di daerah luka selama beberapa jam atau beberapa minggu hingga bulan. Menurut pernyataan dokter metode serupa akan diaplikasikan dengan membalut tekan dengan bahan lain atau selain silikon berhasil melakukannya. Dengan begitu hasil yang didapatkan bervariasi.

Cara Menghilangkan Keloid Secara Alami


1. Jus Lemon

Membuat  jus lemon dengan air yang cukup atau sari lemon agak kental. Terapkan jus lemon pada area kulit yang terkena keloid. Biarkan selama kurang lebih setengah jam. Bersihkan dengan air hangat hingga tidak terasa lengket. Setidaknya harus dilakukan secara teratur agar hasil terlihat maksimal.

2. Cuka Sari Apel Murni

Sediakan cuka apel yang murni dan oleskan dengan kuas pada bekas luka yang menonjol atau melebar, sambil dipijat perlahan beberapa saat supaya ramuan dapat meresap ke dalam kulit. Diamkan hingga mengering dan lakukan minimal 3 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan supaya pemulihan keloid akan terasa cepat.

3. Lidah Buaya

Langkah pertama bersihkan area bekas luka dengan air hangat. Terapkan gel atau lendir lidah buaya pada keloid. Tunggu hingga 30 menit, lantas dibersihkan menggunakan air dingin. Cara ini terbilang tidak merepotkan dan paling sederhana bahkan tanpa modal atau uang sepeser pun.

4. Baking Soda

Menyiapkan baking soda untuk dibuat seperti pasta atau krim halus. Adapun bahan yang digunakan antara 1 bagian baking soda dan 3 bagian hidrogen peroksida. Setelah itu, usapkan hasil pasta atau krim ke area yang terkena keloid. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.  Hal tersebut mampu menurunkan terjadinya peradangan.

Sekian artikel yang membahas tentang cara menghilangkan keloid baik dengan metode medis maupun secara alami. Semua itu, bisa dikatakan efektif jika dilakukan dengan rutin dan disiplin agar keloid pada tubuh anda hilang.