5 Cara Diet Sehat Bagi Ibu Menyusui Agar Produksi ASI Tetap Terjaga

5 Cara Diet Sehat Bagi Ibu Menyusui Agar Produksi ASI Tetap Terjaga

Menurunkan berat badan paska melahirkan membutuhkan sebuah perjuangan yang cukup berat dan merupakan tantangan besar yang harus dilakukan, terutamabagi ibu menyusui setelah melahirkan buah hatinya. Pada saat hamil, tubuh akan mengalami kenaikan berat badan yang tidak sedikit, oleh karena itu setelah melahirkan tubuh akan menjadi kelebihan berat badan, ditambah lagi harus menyusui buah hati, sehingga akan menjadi sulit untuk menurunkannya. Namun ini bukanlah kendala untuk melakukan diet sehat bagi ibu menyusui, akan tetapi dapatdijadikan batasan ketika menurunkan berat badan dengan cara yang aman dan tidak menyiksa diri.

Diet sehat untuk ibu menyusui dengan cara mengurangi jumlah kalori pada makanan sangat tidak dianjurkan, karena akan mempengaruhi produksi dan kualitas dari ASI yang dihasilkan. Bagi beberapa Ibu Menyusui, dietbisa jadi merupakan hal yang cukup sulit. Hal ini disebabkanpada saat menyusui, ibu harus menambah asupan makanan sekitar 300 kkal/hari-nya agar kualitas dan produksi ASI tetap terjamin. Namun bagi ibu menyusui yang ingin melakukan diet sehat dan aman tanpa mengurangi produksi dan kualitas ASI dapatmgikutibeberapa tipsseperti berikut ini:

Mengkonsumsi makanan sehat

Memilih dan mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu usaha yang dapat Anda lakukan. Metode ini memang sangat simpel dan tidak ribet. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal membutuhkan konsistensi dalam menjalankannya. Pemilihan makanan yang sehat untuk ibu yang sedang menyusui akan sangat membantu untuk bisa dapat menurunkan berat badan, selain itu mengatur asupan kalori juga dapat menjaga kondisi tubuh ketika harus menyusui buah hati.

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks, buah, sayur, dan sumber protein yang rendah lemak  lebih banyak, dapat membantu ibu menyusui untuk menjalankan program dietnya dengan sehat atau bisa juga dengan mengkonsumsi susu skim, telur, ikan,tempe,tahu, daging ayam yang dibuang kulitnya kulit, dan makanan yang berasal dari kacang-kacangan selain dapat membantu program diet juga dapat menjaga kualitas ASI.


Meminum air putih

Cara diet sehat bagi ibu menyusui selanjutnya yaitu dengan meminum air putih yang cukup. Di dalam ASI terkandungair sebesar 50%, sehingga secara tidak langsung langsung, untuk dapat memproduksi ASI maka ibu menyusui akan sangat membutuhkan air putih. Namun tidak hanya itu, air juga sangat dibutuhkan untuk membakar lemak di dalam tubuh, mengecilkan perut, serta membuang racun yang terdapat di dalam tubuh, selain itu air juga dapat membuat Anda selalu berhidrasi.

Mengenali rasa lapar

Dengan mengenali rasa lapar, maka akan memacu tubuh untuk selalu memberikan respons berupa makan dan dengan makan yang cukup, maka ibu menyusui tidak perlu lagi untuk makan dalam jumlah berlebih pada jam-jam berikutnya. Oleh karena itu janganlah lupa untuk mengenali rasa lapar.Makanlah dengan porsi kecil akan tetapi sering, misalnya waktu makan menjadi 6 kalidalam satu hari, yaitu dengan 3 kali makan makanan utama yang berupa sarapan, makan siang dan makan malam serta 3 kali makan makanan ringan dan cemilan sehat lainnya.

Realistis dan perlahan

Anda harus tetap realistis dengan hasil dari diet yang nantinya akan Anda dapatkan. Oleh karena itu jangan mengharapkan hasil diet yang instan. Bahkan seorang Kim Kardashian juga membutuhkan waktu sekitar4 bulan untuk dapat menurunkan berat badannya paska melahirkan. Jadi tetap sabar serta konsisten dalam menjalani diet sehat merupakan cara yang aman untuk menguruskan badan setelah melahirkan. Menghindari stress dengan cara bermain bersama buah hatidan mengajaknya berjalan-jalan juga dapat membantu membakar kalori pada tubuh anda.

Olahraga

Metode menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara membakar lemak tubuh, dan itu dapat dilakukan denganberolahraga. Lakukan olahraga setelah selesai menyusui, agar aktifitas olahraga menjadi nyaman, Anda dapat menggunakan pakaian khusus yang memang didesain bagi ibu yang sedang menyusui. Diet sehat bagi ibu menyusui dengan olahraga dapat dimulai dengan melakukan jalan santai sambil menggendong bayi Anda. Apabila bayi sudah dapat ditinggal untuk beraktifitas, anda juga dapat berenang,bersepeda ataupun olahraga lainnya yang anda senangi.