5 Rempah yang Berkhasiat untuk Merawat Kulit Cantik Anda

5 Rempah yang Berkhasiat untuk Merawat Kulit Cantik Anda - Bukan sebuah hal asing jika buah dan sayur digunakan dalam perawatan kecantikan kulit, namun bagaimana dengan rempah? Kebanyakan orang mengenal rempah sebagai bumbu dapur dan juga obat, namun jarang yang sadar bahwa khasiat rempah tidak hanya sampai disitu saja. Rempah juga sangat baik jika digunakan untuk perawatan kecantikan kulit.

Eits, namun tunggu dulu, tidak sembarang rempah bisa digunakan untuk merawat kulit cantik anda. Hanya rempah tertentu dengan kandungan khususnya untuk merawat kulit yang bisa anda gunakan. Penasaran apa saja jenis rempah tersebut? Berikut kami berikan 5 jenis rempah yang baik untuk merawat kulit. Jangan khawatir jika anda bingung untuk masalah pemakaian, karena disini kami lampirkan pula bagaimana cara pemakaiannya. Semoga bermanfaat!

Merawat Kulit Cantik
Merawat Kulit Cantik

1. Merica hitam

Sifat menghangatkan yang terkandung dalam merica ternyata berfungsi sebagai anti bacterial. Rasa hangat yang ditimbulkan oleh merica mampu memperlancar peredaran darah sehingga rempah satu ini bisa digunakan untuk menghilangkan komedo.

Pengolahan bumbu dapur satu inipun tergolong mudah, anda hanya cukup mencampurkan merica dengan yogurt. Jadikan ini sebagai masker dengan mengoleskannya secara perlahan pada permukaan kulit anda. Biarkan sekitar 7-10 menit atau ketika masker mulai mongering lalu bersihkan. Untuk hasil yang maksimal, gunakan merica yang ditumbuk sendiri karena terkadang merica bubuk di pasaran telah dicampur dengan terigu. Lakukan hal ini dengan rutin dan bersiaplah mengucapkan selamat tinggal kepada komedo.

2. Pala

Anda memiliki masalah kulit seperti dermatitis atau kadas, gunakanlah pala sebagai obatnya. Pala memiliki kandungan inflamantori yang bisa mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Pala juga berfungsi untuk menghilangkan serta menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Sama seperti merica, caranya sama yaitu dengan meramu pala dengan campuran lain yang tentunya alami yaitu madu. Campurkan pala bubuk dengan madu dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau noda bekas jerawat. Lakukanlah secara rutin dan anda bisa buktikan keampuhannya.

3. Kayu manis

Rempah yang baik untuk merawat kulit cantik anda selanjutnya adalah kayu manis. Kayu manis selain harum ternyata memiliki kandungan yang mirip dengan merica dan pala. Bahkan kayu manis kerap digunakan sebagai bahan campuran membuat balsam atau krim otot. Selain berfungsi sebagai penghangat, kayu manis juga membantu memperlancar peredaran darah serta bertindak sebagai anti bacterial. Gunakan bubuk kayu manis yang telah dicampur dengan sedikit air, kemudian anda oleskan tpat pada bagian wajah yang da berjerawat. Lakukan dengan rutin dan lihat hasilnya dalam beberapa hari. Jerawat akan lebih cepat mengering dan tidak akan menimbulkan radang kemerahan.

4. Cengkeh

Siapa sangka cengkeh baik untuk merawat kulit cantik anda? Kandungan polifenol dalam cengkeh mampu mengusir mikroba dan juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik. Bahkan, dibandingkan dengan bumbu dapur atau rempah lainnya cengkeh memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi. Karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi inilah cengkeh berfungsi sebagai cleanser yang akan membersihkan kulit dari sisa kotoran seperti make-up dan juga dari bakteri. Tidak hanya itu, aroma khas cengkeh juga mampu menenangkan.

5. Jahe

Tidak hanya baik untuk tubuh, jahe juga berfungsi sebagai stimulant darah dan oksigen yang beredar di bawah kulit. Tidak hanya itu, jahe juga bermanfaat untuk mengembalikan vitalitas kulit dan memiliki kandungan anti irritant. Caranya mudah, anda tidak perlu menyiapkan bahan lainnya, hanya membutuhkan pisau untuk memotong jahe. Oleskan potongan jahe ini pada bagian yang rentan terhadap jerawat seperti pipi, dagu dan dahi. Biarkan selang 20 menit hingga jahe meresap kedalam pori-pori dan bilas hingga bersih.

Selain 5 rempah  yang tercatat diatas masih ada dua jenis rempah lainnya yang juga sangat berguna untuk merawat kulit, yaitu kunyit dan paprika. Nah, dengan sedikit ulasan ini paling tidak sekarang anda tidak perlu bersusah payah untuk merawat kulit cantik anda bukan? Dengan berjalan ke dapur, anda bisa menemukan beragam rempah yang berkhasiat dan pastinya tanpa efek samping.