Tips Ampuh dan Aman untuk Mencegah Mabuk Perjalanan

Mencegah Mabuk Perjalanan
Mencegah Mabuk Perjalanan. Menghindar mabuk perjalanan-Mabuk perjalanan sudah menjadi hal wajar ketika sedang melakukan perjalan darat, laut maupun udara. Perjalanan akan terasa sangat tidak menyenangkan jika mengalami mabuk perjalanan lantaran tubuh jadi lemas, perut mejadi mual serta kepala terasa pusing.

Penyebab terjadinya mabuk perjalanan adalah terjadi karena seseorang terserang penyakit vertigo yang ditandai dengan rasa pusing, mual, keringan dingin, muntah dan lemas. Ini terjadi karena tidak ada singkronisasi antara system saraf otak sebagai pusat segala tindakan yang dilakukan tubuh seperti bagian dalam telinga, mata dan jaringan proprioceptors. Biasanya saat didalam mobil, anda sering bermain handphone atau membaca majalah. Saat itu otak berkonsentrasi menangkap objek yang dilihat oleh mata tanpa merasakan sebuah gerakan. Sedangkan telinga mendengar suara mesin dan merasakan gerakan kendaraan dan mengirim gambaran kedalam otak. Ketidak seimbangan informasi yang diterima otak membuat rasa pusing kemudian terjadilah mabuk kendaraan. Mabuk kendaraan juga terjadi karena seseorang mencium bau tajam didalam kendaraan yang membuat mual. Penyebab lainya juga karena didalam kendaran pasokan oksigen sangat terbatas. Juga gerakan kendaraan yang biasanya melewati jalan bergelombang dan meikung yang membuat tubuh terombang ambing.

Adapun cara mencegah mabuk perjalanan adalah anda harus beristirahat cukup sebelum melakukan perjalana sengga kondisi badan anda segar dan fit yang tidak mudah merasa lelah sehingga terhndar dari rasa pusing dan lemas. Selain itu mencegah mabuk perjalanan dapat dilakukan dengan sebelum melakukan perjalanan hendaknya anda makan dulu 30 menit sebelum berangkat agar perut tidak kosong. Karena perut yang kosong lebih banyak mengandung gas dan menyebabkan mual. Ketika makan hindari makanan yang berlemak, pedas dan beraroma kuat. Pilih makanan yang berserat tinggi sehingga anda tidak merasa mudah lapar.

Untuk mencegah mabuk perjalanan, ketika berada didalam kendaraan anda harus relax, dengan memperhatikan objek sekitar yang anda lewati seperti gunung, sawah, pohon melalui kaca mobil. Jangan hanya terpaku pada gadget atau bacaan. Ketika anda sudah mulai merasa mual dan pusing anda bisa menghirup aroma peppermint, makan permen jahe atau permen yang memiliki rasa asam. Untuk mengatasi rasa bosan, anda bisa mendengarkan music semabri mengobrol dengan orang disampng anda.

Biasanya rasa ual terjadi karena aroma AC yang sangat menyengat, untuk mencegah mabuk perjalanan kmu bisa membuka sdkit jendela kendaran jika emungkinkan sehingga ada bisa menghirup uadara segar dari luar dan menghilangkan rasa mual tersebut. Gonjangan yang terjadi diperjalanan membuat perut anda bergerak secara stabil sehingga terasa mual, untuk mencegah mabuk perjalanan sebaiknya anda duduk dibagian depan kendaraan untuk menghindari gerakan yang berlebihan. Jangan terlalu sering bersandar dikursi untuk mencegah mabuk perjalanan, karena akan membuat tubuh anda bergerak mengikuti gerakan kendaraan dan membuat perut anda bergincang.

Apabila anda sudah terlanjur mual, mencegah mabuk perjalanan anda bisa meminta sopir berhenti sejenak dipinggir jalan, kemudian anda bisa keluar dan menghirup udara segar yang akan menghilangkan mual dan pusing. Oleskan minyak kayu putih atau minyak yang biasa anda gunakan untuk menghilangkan rasa pusing. Jika anda terlanjur muntah, anda bisa berkumur dengan air putih dan minum minuman yang hangat.

Langkah yang paling aman untuk mencegah mabuk perjalanan adalah dengan meminum obat anti mabuk sebelum beragkat perjalanan, agar selama perjalanan anda merasa ngantuk dan tertitur. Ini lebih baik dari pada anda dalam kondisi sadar namun membuat anda merasa pusing dan mual.