7 Cara Mengobati Nyeri Ketika Haid

Langkah Menyembuhkan Nyeri Ketika Haid. Sebagian dari wanita yang telah mengalami menstruasi atau haid pasti ada yang merasakan nyeri haid dan sakit yang luar biasa sehingga hal ini akan sangat mengganggu aktifitas yang sedang dijalani. Nyeri pada saat haid ini terjadi karena kontraksi pada didnding rahim yang menyebabkan pembuluh darahnya terjepit lalu timbllah iskemi jaringan. Kontraksi itulah yang menimbulkan rasa nyeri ketika haid.

Nyeri Haid

Nyeri Haid
Nyeri Haid
Nah, agar rasa nyeri haid tersebut dapat berkurang dan sembuh ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti:

1. Minum obat pereda nyeri khusus haid

Banyak sekali obat pereda nyeri khusus untuk wanita yang sedang haid yang telah beredar banyak disekitar kita. Kandungan dalam obat tersebut adalah analgesik yang dapat meredakan nyeri serta antipiretik untuk meredakan demam menggunakan dosis sesuai. Pastikan meminu obat ini sesuai dengan aturan agar tidak mengganggu kesehatan, jangan lupa pula jika kamu membelinya ditiko atau diapotik cek dulu tanggal kadaluarsanya.

2. Minum kunyit asam

Kunyit asam merupakan jamu tradisional yang dibuat dari bahan alami yang sudah sejak lama dibuktikan ampuh khasiatnya untuk menyembuhkan nyeri haid dan merupakan bahan dasar dari obat yang banyak dijual dipasaran. Jika kunyit asam ini kamu beli dalam bentuk serbuk maka kamu tinggal menyeduhnya, namun jika kamu ingin membuatnya sendiri maka kau bisa menemukan bahannya dipasar tradisional dalam harga yang terjangkau saja. Cara membuatnya adalah dengan memarut kunyit beberapa ruas lalu menanbahkannya dengan sedikit air, peras kemudian mengabil sarinya. Setelah itu tambah dengan sedikit gula merah dan asam jawa lalu merebusnya sampai mendidih. Kemudian angkat dan minum dalam keadaan hangat.   

3. Kompres hangat

Jika rasa tidak tertahankan lagi, kamu dapat mengkompres hangat bagian perut bawah dan daerah lain yang terasa nyeri. Caranya adalah dengan menempelkan botol yang telah diisi dengan air hangat atau memakai handuk yang telah direndam dengan air hangat disertai dengan pijatan pelan dan lembutpada bagian yang terasa nyeri. Pengompresan ini bertujuan ntuk dapat melancarkan peredaran darah serta membuat otot pada sekitar perut menjadi lebih rileks sehingga nyeri haid menjadi lebih berkurang.

4. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat ini bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks sehinggra rasa nyeri haid dapat berkurang perlahan serta menghilang secara berangsur.

5. Pakailah pakaian yang longgar

Pakaian yang sangat ketat akan sangat mengganggu kenyamanan apalagi ketika haid dan nyeri ang dirasakan sangatlah luar biasa. Sebaiknya pakailah pakaian yang sedang bahkan longgar sehingga kamu bisa merasa nyaman ketika haid dan tidak mengganggu aktifitasmu dalam bergerak.

6. Menungging

Langkah menyembuhkan nyeri haid selanjutnya adalah dengan menungging. Hal ini dilakukan agar rahim sapat bergantung kearah bawah sehingga membantu tubuh dalam relaksasi. 

7. Istirahat cukup

Langkah berikutnya adalah dengan beristirahat dengan cukup. Standar istirahat cukup adalah sekitar 8 jam tidur. Tidur ini dapat menetralisir rasa sakit maupn nyeri yang dirasakan ketika sedang haid. Jangan memaksakan diri tetap beraktifitas ketika sakit karena akibatnya tidaklah baik bagi kesehatan.

Cara-cara yang telah dibahas tadi adalah langkah yang dianjurkan pada para wanita khususnya bagi yang sering mengalami nyeri haid setiap kali datang waktu haid tersebut. Jika cara-cara tadi belum mampu mengatasi nyeri haid yang dirasakan, maka  beronsultasi dan periksa kedokter adalah cara yang terbaik.