8 Makanan Sehat Untuk Memerangi Kolesterol Jahat

Memerangi Kolesterol Jahat. Jika mendengar kata kolesterol pasti yang dibenak kita adalah suatu zat yang bisa memicu penyakit berbahaya seperti jantung koroner yang bisa menimbulkan kematian. Namun sebenarnya kolesterol adalah suatu zat yang diproduksi oleh organ hati dan merupakan senyawa yang kompleks dan sisa dari hal tersebut sebenarnya sangat berguna untuk tubuh layaknya nutrisi yang terkandung dalam makanan. Kolesterol diklasifikasikan menjadi dua yaitu:
Memerangi Kolesterol
Memerangi Kolesterol
  • a. High Density Lippoprotein HDL yang mampu menangkis kolesterol mengendap yang jahat namun tidak membuat tubuh rugi.
  • b. Low Density Lippoprotein LDL merupakan kolesterol yang harus diperangi karena mampu membahayakan kesehatan tubuh.   

Total kadar normal kolesterol adalah kurang dari 200 mg/dl, kandungan kurang dari 59 mgdl untuk HDL dan kurang dari 100 mg/dl untuk kolesterol jahat. Karena sebenarnya kolesterol tidak hanya merugikan namun juga berfungsi sebagai salah satu pembangun vitamin D, steroid serta asam empedu dan membangun dinding pada sel.

Seseorang seringkali memerangi kolesterol jahat dengan suplemen atau obat kimia, padahal sebenarnya mereka bisa mengkonsumsi makanan sehat untuk memerangi kolesterol jahat seperti:

1. Zaitun

Buah zaitun memiliki kadar zat hydroxytyrosol sebagai antioksidan alami yang mampu memerangi kolesterol jahat dengan menurunkan tingginya kadar zat kolesterol tersebut dalam darah. Selain itu kandungan vitamin E dan asam lemak jenuh tunggal membuat kandungan kolesterol baik dalam tubuh meningkat. Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak 2 sendok dan buahnya sebagai salad.

2. Buah alpukad

Makanan sehat untuk memerangi kolesterol jahat ini sangat nikmat dibuat jus atau dihancurkan dengan sendok. Kadar lemak tak jenuh tunggal yang mampu membuat kolesterol LDL yang jahat turun dan membuat HDL atau kadar kolesterol yang baik meningkat. Selain itu kandungansejenis lemak nabati yaitu beta sitosterol yang ampuh meminimalkan jumlah kolesterol yang diabsorbsi tubuh dari makanan. 

3. Cokelat

Makanan sehat untuk memerangi kolesterol jahat ini kaya akan flsvonoid dan antioksidan yang bermanfaat membuat kadar kolesterol menjadi turun. Selain itu juga ampuh mengatasi otot tubuh yang tegang dan mengusir stress yang melanda.

4. Makanan jenis kacang-kacangan

Kacang memiliki kandungan serat yang tinggi dengan membuat kandungan gula meninggi, dengan mengurangi karbohidrat dalam kentang yang mampu membuat kadar gula darah meningkat.

5. Jeruk nipis

Makanan untuk memerangi kolesterol jahat ini kaya akan flavonoid yang mampu membuat produksi LDL menjadi terhambat, selain itu zat ini juga terkandung dalam brokoli, bawang berlapis, the, tomat dan delima,

6. Minuman yoghurt

Makanan sehat untuk memerangi kolesterol jahat ini tinggi akan mikroorganisme berupa bakteri baik, protein dan kalsium yang mampu membuat kolesterol yang tinggi kembali menurun.

7. Oatmeal

Oatmeal atau bubur gandum kata akan serat yang tinggi yang ampuh memerangi kolesterol jahat yang bermukim dalam tubuh sehingga mampu menyerap kolesterol yang terdapat dalam sirkulasi darah sehingga tidak terjadi timbunan kolesterol.

8. Buah jambu merah atau jambu biji

Kedua buah untuk memerangi kolesterol jahat ini memiliki kadar likopen yang tinggi untuk mengontrol produksi dari kolesterol.

Kolesterol jahat yang merugikan mampu membuat pengerasan dan pengapuran pada dinding pembuluh darah atau aterosklerosis. Pembuluh darah yang mengalami pengerasan terlebih pada arteri koroner semakin menyempit sehingga darah yang mengalir didalamnya menjadi terhalangi sehingga membuat resiko PJK alias penyakit jantung koroner menjadi meningkat. Semoga kita terhindar dari penyakit tersebut.