12 Berbagai Macam Manfaat Daun Pisang

Salah satu manfaat daun pisang sebagai pembungkus makanan tentu bukan hanya manfaat daun pisang yang bisa diambil. Tetapi hampir seluruh bagian dari pisang memiliki manfaatnya masing – masing. Mulai dari daun, buah, akar pisang, jantung dan juga batang pisang. Dan berbagai kegunaan yang bisa dimanfaatkan atau diolah menjadi makanan, pupuk, obat dan juga yang lainnya. Tentu bisa lebih mencari tahu apa saja manfaat daun pisang karena jarang sekali daun pisang dimanfaatkan selain yang sudah banyak digunakan sekarang yaitu adalah sebagai pembungkus makanan.

Manfaat Daun Pisang

12 Berbagai Macam Manfaat Daun Pisang

Dalam dengan digunakan sebagai pembungkus makanan juga terdapat manfaat yang ada dan berbagai macam. Manfaat tersebut berdampak pada makanan yang dibungkus ataupun juga manfaat sebagai pengganti piring ketika akan digunakan untuk makan. Karena kebanyakan orang hanya mengetahui daun pisang sebagai makanan dan hanya sedikit orang yang mengetahui tentang manfaat daun pisang yang sebenarnya bisa sangat membantu dalam melakukan pola hidup yang sehat.

Daun Pisang Untuk Makanan

1.     Pembungkus Makanan

Manfaat yang pertama tentu sebagai pembungkus makanan. Lapisan yang terdapat daun pisang memiliki tekstur yang sama dengan lilin. Sehingga ketika makanan dibungkus dengan daun pisang, makanan yang dibungkus tidak menjadi lengket. Selain itu juga bisa menambah aroma tersendiri. Apabila digunakan untuk mengukus atau mengukus makanan, akan menambahkan rasa yang unik.

2.     Higenis

Daun pisang adalah salah satu pembungkus makanan yang higenis. Daun pisang lebih baik digunakan sebagai pembungkus makanan dibandingkan dengan pembungkus plastik yang bisa menyebabkan masalah kesehatan karena plastik dibuat dengan polimer yang bisa menimbulkan kanker terutama jika membungkus makanan yang panas.

3.     Selera Makan

Aroma dari daun pisang bisa menambah selera makan yang dimiliki. Untuk itu, banyak sekali makanan tradisional yang dibungkus dengan daun pisang ataupun menggunakan daun pisang sebagai piringnya karena bisa menambah selera makan.

4.     Bebas Bahan Berbahaya

Daun pisang sebagai alas atau pengganti piring ketika digunakan untuk makan. Karena bisa menghindari dari bahan plastik ataupun juga ketika piring yang digunakan tidak dicuci dengan bersih.

5.     Menarik

Makanan yang dibungkus dengan daun pisang dirasa lebih menarik dan bisa menjadikan makanan yang dibungkus di dalamnya terlihat lebih alami dan bersih.

Selain manfaat daun pisang sebagai pembungkus makanan daun pisang juga bermanfaat untuk kesehatan dan juga memiliki manfaat yang lainnya. Dalam memilih daun pisang juga harus dilihat lagi, apakah sudah terjaga kebersihannya. Karena tidak jarang daun pisang yang digunakan tidak higenis dan hanya digunakan kain yang tidak jelas apakah bersih atau tidak. Tetapi ketika menggunakannya tentu juga tidak lupa harus melestarikan daun pisang yang ada. Jangan sampai hanya memakainya saja tetapi tidak memperhatikan kelestarian alam dan ketersediaan daun pisang yang ada. Karena daun pisang memiliki manfaat yang sangat penting.

Manfaat Lain Daun Pisang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa manfaat lain dari daun pisang yang bisa diperoleh yaitu dalam hal kesehatan. Manfaat tersebut antara lain adalah :

1.     Obat Luka

Manfaat daun pisang yang pertama adalah sebagai obat luka alami. Cara yang digunakan untuk mengobati luka adalah dengan membersihkan daun pisang dengan mencucinya lebih dulu. Selanjutnya menghaluskan daun pisang dan tempelkan kebagian yang terluka. Tentu bisa digunakan pada luka kecil saja.

2.     Ketombe

Apabila mengalami masalah pada kulit kepala yaitu ketombe, bisa menggunakan daun pisang sebagai solusinya. Daun pisang dicincang dan dihancurkan terlebih dahulu hingga mengeluarkan air atau sari daun pisang. Selanjutnya balurkan sari daun pisang ke seluruh bagian kepala. Dan diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

3.     Penetral racun

Jika Anda di gigit serangga seperti lebah, tawon, nyamuk ataupun semut. Daun pisang bisa digunakan untuk menetralisir racun yang ada dan tidak menyebabkan efek yang semakin berlanjut. Menghancurkan daun pisang sampai halus dan bisa dioleskan kebagian yang terkena gigitan serangga.

4.     Obat Demam

Terasa aneh bukan? Tetapi memang, daun pisang bisa digunakan untuk mengobati demam. Tentu bukan dengan cara meminum sari daun pisang. Tetapi menggunakan dengan cara menempelkan daun pisang yang sudah dibersihkan dan dioles dengan minyak kelapa ke dahi. Dan semakin lama, panas demam akan semakin berkurang.

5.     Kulit Mulus

Percaya atau tidak, daun pisang bisa digunakan sebagai bahan pengganti krim untuk kecantikan. Selain bisa membuat kulit cantik dan mulus juga bisa sebagai pembunuh kuman yang baik dan kulit bisa terhindar dari iritasi baik ringan maupun berat.

6.     Obat Radang Kulit

Radang pada kulit bisa diatasi dengan daun pisang yang sudah dijadikan sebagai produk salep. Dan bisa dioleskan kepada bagian yang terkena radang.

7.     Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah bisa diperbaiki dengan menggunakan daun pisang. Hal yang aneh memang, tetapi zat yang terkandung di dalam daun pisang yaitu allantolin bisa diubah menjadi anti-oksidan yang bisa diproduksi. Selain meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa menangkal radikal bebas yang saat sekarang ini sudah semakin berbahaya.

Dan masih banyak lagi beberapa manfaat daun pisang yang bisa diperoleh yaitu dengan dibuat sebagai barang seni. Bisa digunakan sebagai bahan untuk kanvas melukis ataupun juga untuk hiasan dinding. Sebenarnya, cara yang paling mudah untuk mendapatkan manfaat dari daun pisang adalah dengan cara membungkus makanan yang akan kita makan ataupun membeli makanan yang dibungkus dengan daun pisang. Sehingga kandungan yang ada dalam daun pisang bisa terserap pada makanan. Sehingga secara tidak langsung nantinya selain bisa menikmati makanan juga bisa mendapat khasiat yang baik dari daun pisang itu sendiri.
Manfaat dari daun pisang juga bisa diketahui baik melalui internet ataupun melalui buku. Tentu bukan hanya mengetahuinya saja, lebih baik lagi bisa memanfaatkan bahan alami yang ada. sumber daya alam yang melimpah khususnya daun pisang ini menjadi satu hal yang sangat penting untuk menjadikan hidup yang sehat. Karena semakin lama semakin banyak produk yang mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Dan daun pisang bisa sebagai solusi dari maraknya produk yang berbahaya tersebut.
Inovasi juga perlu dilakukan dalam memanfaatkan daun pisang. Karena bisa dilihat, pengetahuan tentang daun pisang dan manfaat yang ada sangat minim diketahui oleh masyarakat. Untuk itu, peran pemerintah tentu sangat dibutuhkan dalam pemanfaatan daun pisang ini. Tidak banyak produk yang menggunakan bahan alami dalam proses pembuatannya. Baik produk kebutuhan sehari – hari ataupun produk lainnya. Karena biaya yang mahal dan juga lebih mengutamakan kuantitas dibandingkan kualitas dari produk yang akan dijual nantinya. Oleh karena itu khususnya untuk daun pisang, lebih bisa dimanfaatkan lagi. Selain manfaat yang sangat banyak juga bisa menjadikan manfaat daun pisang ini semakin diketahui oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.