8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat buah mengkudu yaitu salah satu buah asli dari asia tenggara. Bentuk buahnya yang berbintik dan agak lonjong itu menyimpan khasiat bagi tubuh kita. Namun beberapa orang tidak menyukai aroma buah satu ini. Biasanya buah mengkudu ini dapat dijadikan sebagai rujak dan jus. Bagi yang tidak menyukai buah yang banyak manfaatnya ini ada baiknya untuk meneliti lebih dalam tentang buah satu ini. Para pakar meneliti bahwa buah mengkudu ini dapat digunakan sebagai obat kanker serta kanker prostat. Sungguh hebat buah satu ini walaupun baunya yang tidak sedap tetapi ada manfaatnya bagi kita. Namun di seluruh dunia ini terdapat kurang lebih 80 jenis mengkudu dan yang dapat di konsumsi hanya 20 jenis saja. Sisanya mengandung racun yang apabila dikonsumsi tubuh akan berdampak buruk.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
Berikut saya jelaskan zat zat yang terkandung di dalam buah mengkudu ini.

1.   Zat anti bakteri

Buah mengkudu ini dapat membunuh serta mengontrol bakteri pemicu infeksi yang ada di tubuh sehingga tubuh terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh bakteri. Berikut ini bakteri yang bisa dimatikan dengan buah pace ini.
·       E. Coli
·       S. Typhi
·       S. Pradysenteriae
·       Shigella dusenteriae
·       Scotmuelleri
·       Salmonella
·       Staphylococcus aureus
·       Bacillus subtilis
·       Pseudomonas aeruginosa
·       Protens morganii

2.   Kaya kandungan nutrisi

Vitamin, protein serta mineral yang terkandung di dalam buah mengkudu sangat banyak dan lengkap yang dibutuhkan tubuh. Antioksidan selenium yang ada di buah mengkudu salah satu antioksidan yang sangat baik. Dan berikut ini macam macam nutrisi yang ada di buah pace.
·       Protein
·       Mineral (ada di buah dan daunnya)
·       Selenium (antioksidan tinggi)
·       Senyawa (alizarin, lyciine, caprylic acid, plants sterois, sosium, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine dan magnesium)
·       Vitamin

3.   Zat anti kanker

Zat anti kanker yang ada di buah mengkudu sangat baik untuk melawan sel yang bersifat abnormal yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker.
4.   Serat
5.   Asetil
6.   Metil
7.   Zat bioaktif
8.   Zat iridoid
9.   Xeronine dan proxeronine
10. Scolopetin, scolopetin adalah salah satu zat untuk menyembuhkan peradangan danalergi
11. Asam kapril
12. Morindone

Bagi sebagian orang sering tertipu. Padahal dia ingin mengambil buah mengkudu tetapi yang dia ambil bukanlah buah mengkudu. Nah sekarang saya akan memberitahukan kepada kamu ciri ciri buah atau tanaman mengkudu.
  •   Pohon
Pohon mengkudu tidak terlalu tinggi dan besar hanya sekitar 4 – 6 meter saja. Dahan pohonnya kaku, dahannya kasar serta memiliki akar tunggang. Batangnya memiliki warna coklat keabu abuan.
  •   Daun
Daun buah mengkudu lebar, besar dan tebal. Letak daunnya pun berhadap hadapan dan tepian daunnya rata.
  •   Bunga/Buah
Bunga mengkudu majemuk, berbentuk bulat. Tangkainya hanya sekitar 4 cm dan mahkota buah mengkudu berwarna putih. Menyerupai terompet dan panjangnya hanya 1,5 cm saja. Terdapat benang sari yang berada di mahkota buah dan putiknya ada 2.

Setelah mengenal buah mengkudu dengan baik, kita akan membahas apa saja manfaat buah mengkudu yang berguna bagi kesehatan manusia.

1)   Menyembuhkan sakit kuning

Gejala awal sakit kuning adalah badan lemas, kulit keriput, badan menguning, dan menurunnya berat badan. Para peneliti mengungkapkan bahwa buah mengkudu bisa menyembuhkan penyakit kuning.  Langkah langkahnya sebagai berikut
Ø  Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah matang
Ø  Haluskan buah mengkudu dan di peras
Ø  Tambahkan madu pada perasan mengkudu tersebut
Ø  Aduk hingga merata
Ø  Minum 3 kali sehari

2)   Menghaluskan kulit yang bersisik

Bagi wanita wanita yang ingin kulitnya terlihat bersih, halus serta lembab buah mengkudu bisa menjadi obat alaminya. Caranya yaitu
Ø  Kupas 2 buah mengkudu
Ø  Potong buah mengkudu secara besar
Ø  Oleskan daging buah mengkudu pada bagian kulit yang bersisik atau kering
Ø  Diamkan selama kurang lebih 10 menit
Ø  Bilas bagian yang diolesi dengan air hangat
Ø  Lakukan dengan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal

3)   Menyembuhkan sakit ambeyen

Yang tadi sudah dijelaskan, daun serta buah mengkudu banyak sekali manfaatnya dan khasiatnya salah satunya untuk penyakit ambeyen. Cara membuatnya yaitu
Ø  Rebus buah serta daun mengkudu dengan 2 gelas air
Ø  Setelah direbus, sisakan hanya untuk 1 gelas saja
Ø  Minum air rebusan tersebut secara teratur
Ø  Buah mengkudunya juga dapat meringankan penyakit ambeyen karena terdapat serat sehingga sistem pencernaan menjadi lancar dan terbebas dari sembelit

4)   Mengobati infeksi

Dengan kandungan zat antibakteri yang ada di buah mengkudu menyebabkan zat tersebut dapat melawan bakteri yang ada di tubuh dan melindungi tubuh dari gangguan infeksi. Selain membunuh bakteri di tubuh, zat itu dapat mengontrol bakteri yang ada di tubuh kita.

5)   Sebagai obat asam urat

Sakit asam urat jangan disepelekan karena asam urat bisa menimbulkan penyakit besar seperti stroke, kanker, jantung dll. Gejala awal asam urat adalah terasa kram pada malam hari, kesemutan, kaki terasa dingin dll. Untungnya pada buah mengkudu terdapat zat iridoid yang sangat bermanfaat untuk penyakit asam urat.

6)   Meredakan sakit batuk

Batuk dapat terjadi karena adanya virus atau bakteri yang ada disekitar kita. Menjadikan mengkudu sebagai obat batuk adalah langkah yang tepat karena buah mengkudu terdapat zat antibakteri yang dapat menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan akibat bakteri. Cara menggunakannya sebagai berikut
Ø  Siapkan 2 buah mengkudu dan rebus
Ø  Campurkan dengan setengah daun poko atau dau bujanggut
Ø  Rebuslah dengan 2 gelas air hingga mendidih
Ø  Sisakan sampai 1 gelas
Ø  Ambil airnya saja lalu minum 2 kali sehari
Ø  Efek awal gatal di tenggorokan akan hilang, dengan pemakaian rutin batuk akan berangsur angsur hilang

7)   Sebagai obat bronkitis

Dengan kandungan antibakteri, buah mengkudu dapat mencegah bakteri yang masuk ke paru paru dan membunuh bakteri yang ada di paru paru. Mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur bakteri pun akan hilang dan bronkitis pun akan sembuh.

8)   Menguatkan tulang

Buah mengkudu memiliki zat asetil, metil, morindone dan asam kapril yang dapat menguatkan dan membuat tulang menjadi padat. Apabila tulang padat dan kuat, tulang akan terhindar dari penyakit tulang diantaranya pengeroposan tulang, osteoporosis, osteoarthritis dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyaknya manfaat yang terdapat pada buah mengkudu, ternyata buah mengkudu ini tidak dianjurkan oleh wanita hamil dan wanita menyusui. Karena belum dibuktikan apabila buah mengkudu dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui. Untuk antisipasi sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu untuk wanita hamil dan menyusui atau gunakanlah buah lain yang dipercaya aman. Sekian  artikel tentang manfaat buah mengkudu.