-->

Ad Unit (Iklan) BIG

8 Manfaat Makanan Untuk Menaikkan Trombosit

Menaikkan Trombosit. Jika musim hujan tiba, selain bahaya banjir wabah demam berdarah biasanya juga membanjir diberbagai daerah tanpa pandang bulu. Demam berdarah merupakan suatu penyakit yang disebabkan virus dengue yang dibawa oleh vector nyamuk aedes aegepty yang menyerang sel darah merah sehingga membuat perdarahan dalam tubuh yang menyebabkan turunnya trombosit. Penurunan trombosit atau keping darah akibat penjendalan pada sel darah merah yang mengalami perdarahan selanjutnya bisa memicu penurunan trombosit yang begitu drastic dan membuat pasien lemah bahkan meninggal. Selain perawatan intensif dari dokter di tempat pelayanan kesehatan, ada beberapa jenis makanan untuk menaikkan trombosit yang layak dikonsumsi oleh para penderita demam berdarah seperti:

Menaikan Trombosit

1. Buah kurma

Buah kurma
Buah kurma
Buah asal timur tengah ini merupakan salah satu makanan untuk menaikkan trombosit karena kadar zat besinya yang tinggi. Sehingga untuk mempermudah mengkonsumsi buah yang juga disunahkan Rosululloh ini kini telah tersedia dalam bentuk sari kurma yang banyak dijual di toko herbal atau apotik.
Baca juga : Manfaat Baking Soda

2. Buah kismis

Buah kismis
Buah kismis
Buah kismis yang biasa dikeringkan ini kaya akan zat besi sekitar 30 persen dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi untuk menaikkan trombosit terutama pada penderita Demam Berdarah.
Baca juga : Manfaat Teh Hijau

3. Sayuran berwarna hijau

Sayuran berwarna hijau
Sayuran berwarna hijau
Kandungan sayuran berwarna hijau semisal pada kangkung, bayam dll yang mengandung vitamin K yang sangat bagus dikonsumsi untuk menaikkan trombosit dalam darah.
Baca juga : Manfaat Vitamin A

4. Buah jambu biji warna merah

Buah jambu biji warna merah
Buah jambu biji warna merah
Buah jambu merah memiliki kandungan zat besi dan vitamin yang tinggi untuk menaikkan trombosit pada penderita demam berdarah. Biasanya jambu biji warna merah ini dikonsumsi dengan dibuat jus.
Baca juga : Manfaat Vitamin E

5. Buah delima

Buah delima
Buah delima
Delima merupakan salah satu buah untuk menaikkan trombosit karena kandungan zat besi pada buah yang mirip jambu biji ini, selain itu kadar vitamin salahsatunya vitamin C yang tinggi pada buah delima mampu memerangi virus penyebab demam berdarah tersebut.
Baca juga : Manfaat Madu

6. Gandum yang utuh

Gandum yang utuh
Gandum yang utuh
Gandum yang juga mengandung karbohidrat ini juga mengandung mineral, vitamin, nutrisi dan serat yang mampu menaikkan trombosit terutama pada penderita demam berdarah.
Baca juga : Manfaat Susu Almond

7. Jus daun pepaya

Jus daun pepaya
Jus daun pepaya
Mungkin anda akan merasakan pahit yang sangat saat mengkonsumsi jus papaya sebagai obat alami tanpa efek samping ini, terlebih untuk penyakit demam berdarah yang membahayakan ini. Rasakan sensasi pahitnya untuk menikmati manisnya kesembuhan, hal ini berkat kandungan enzim chymopapain dan papain mampu menaikkan trombosit. Dokter banyak yang menyarankan untuk penderita demam berdarah mengkonsumsi jus buah papaya 20 ml dalam sehari sebanyak 2 kali. Kini telah tersedia juga ekstrak daun oeoaya dalam bentuk cair dan kapsul untuk mempermudah mendapat manfaat dari daun papaya.
Baca juga : Manfaat Kopi
8. Perbanyak mengkosumsi suplemen untuk tubuh yang kaya akan mineral dan vitamin C yang banyak tersedia diapotik ketika anda mengalami kesulitan dalam mencerna sayuran atau buah tertentu. Hal ini karena suplemen mampu membuat system imun tubuh menjadi lebih kuat dan secara bertahap bisa secara alami menaikkan trombosit.

Selama masa penyembuhan demam berdarah, selain mengkonsumsi makanan untuk menaikkan trombosit diatas anda juga sebaiknya sementara waktu menghindari olahan makanan yang mengandung kafein, alcohol dan gula yang halus. Hal ini karena makanan tersebut bisa membuat produksi trombosit terhambat sehingga malah membuat trombosit turun. Dan jangan lupa untuk istirahat dan mendekatkan diri kepada Sang Khalik agar segera dikaruniai kesembuhan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter