13 Manfaat Buah Durian

Sekilas Buah Durian

Buah durian terkenal denga rasanya yang sangat manis. Alfred Russel Wallace, seorang ilmuan Inggris menyebut buah durian seperti puding yang diperkaya rasa almond, rasa es krim keju, saus bawang, anggur dan aneka rasa lainnya. Ya, ungkapan Wallace tersebut tentu tidak lah berlebihan mengingat buah durian memiliki daging buah yang pulen dan kaya rasa yang lezat.

Manfaat Buah Durian

13 Manfaat Buah Durian
Buah durian mengandung banyak zat penting seperti vitamin C, vitamin B, vitamin A, thiamin, riblofavin, kalium, fosfor, magnesium, seng, omega 3 dan omega 6, polypenol, phytonurent, organosulfur, tryptophan, phytosterol dan antioksidan. Selain kandungan tersebut, daging buah durian juga kaya glukosa, karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein. Dengan kandungan seperti itu, sangat wajar bila dikatakan bahwa buah durian sebetulnya membawa manfaat untuk tubuh manusia, selama jumlah dan kadarnya di dalam tubuh tidak berlebihan.

Aneke Manfaat Buah Durian

Orang-orang zaman dulu percaya bahwa buah durian membawa berkah. Makanya, di beberapa tempat di tanah air, terdapat kelompok masyarakat yang mengadakan ritual khusus untuk menyambut musim durian. Bahkan hingga saat ini, terdapat tempat-tempat tertentu yang memiliki ‘tradisi khas’ mengkonsumsi buah durian. Terlepas dari kenyataan dan tradisi tersebut, berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa buah durian memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Mau tahu apa saja manfaat tersebut? Berikut paparannya.

1.     Buah durian dapat menghangatkan tubuh

Kandungan karbohidrat dan glukosa di dalam buah durian mampu menghangatkan badan. Hal ini dikarenakan besarnya kandungan kedua zat tersebut dapat mempengaruhi fungsi kerja hati sebagai pengatur suhu tubuh. Hampir bisa dipastikan bahwa setelah memakan buah durian, suhu tubuh seseorang akan naik dengan sendirinya.

2.     Buah durian dapat meningkatkan vitalitas kaum pria

Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Bukan saja di Indonesia, namun fakta ini juga ‘diamini’ oleh penduduk dari negara lain. Sebut saja Malaysia misalnya. Di negeri jiran tersebut buah durian memiliki pameo tersendiri. Orang-orang melayu di sana punya pepatah  “saat durian mulai jatuh, maka sarung mulai naik.” Hal tersebut masih berlaku sampai sekarang.

3.     Buah durian dapat menonaktifkan zat penyebab kanker

Sebuah penelitian dari Ohio State University menyebutkan bahwa kandungan pyhtonutrient pada daging durian dapat menonaktifkan zat penyebab kanker di dalam jaringan tubuh manusia. Durian dapat menyembuhkan kanker pada level terntu selama dikonsumsi dengan takaran yang tepat bagi tubuh seseorang.

4.     Buah durian mampu mengurangi resiko katarak

Selain sebagai anti kanker, kandungan phytonutrient di dalam daging buah durian dapat membersihkan bagian pupil dan kornea pada mata. Dengan demikian, seseorang yang mengkonsumsi buah durian secara teratur akan relatif lebih kecil kemungkinan untuk terserang katarak. Untuk membuktikan hal tersebut sangat mudah. Bila Anda memakan beberapa buah durian, anda bisa merasakan di sekitar otot mata akan mengeras dan mungkin akan mengelurkan air. Nah, air ini adalah repon mata sebagai efek panas yang dihasilkan buah durian. Sekaligus, air tersebut dapat membersihkan mata dari kotoran seperti lemak dan zat asam lainnya. Dengan sendirinya, mata akan terhindar dari berbagai kotoran pemicu katarak.

5.     Buah durian adalah anti tumor alami

Tahukah anda bahwa di balik ketakutan banyak orang tentang buah durian yang sering ‘diisukan’ mengandung alkohol dan kolesterol, ternyata buah yang satu ini adalah obat anti tumor alami? Sebuah penelitian yang dilakukan Department of Pharmacology &Toxicology, dari State University of Newyork di Buffalo mengungkapkan bahwa zat phytosterol di dalam daging buah durian mampu menjadi anti tumor di dalam tubuh. Dalam jangka panjang, keberadaan phytosterol di dalam jaringan tumor dapat memperlemah tumor itu sendiri. Bukan itu saja, zat ini juga dapat menjadi anti kanker yang ampuh.

6.     Buah durian adalah pencahar kolesterol di hati

Kandungan organosulfur di dalam buah durian dapat menurunkan sintesa kolesterol di sel-sel hati. Dengan sintesa kolesterol yang rendah, hati akan terbebas dari serangan kolesterol.

7.     Buah durian adalah obat untuk Pankreas

Banyak yang tidak menduga bahwa ternyata buah durian mampu menstimulus produksi insulin di dalam pankreas. Hal tersebut sekilas tampak berlawanan dengan sifat buah durian yang dikenal selalu manis itu. Pandangan awam selalu mengatakan bahwa terlalu banyak memakan yang manis-manis dapat meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes dan merusak pankreas. Namun sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Justru, pada kadar tertentu buah durian adalah penawar yang ampuh bagi pengidap diabetes.

8.     Buah durian mampu mencegah depresi

Meski terdengan sedikit aneh, namun ini adalah hasil penelitian. Penelitian survey yang dilakukan MIND (institusi kesehatan) menyebutkan bahwa buah durian mampu mengurangi kadar depresi suatu masyarakat. Hal itu dikarenakan buah durian mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang di dalam otak akan berubah menjadi serotonin. Serotonin merupakan senyawa kimia yang dihasilkan otak untuk membuat tubuh lebih rileks. Senyawa ini biasanya dihasilkan otak ketika mendapatkan rangsangan positif seperti perasaan dicintai, disayangi dan dihargai. Orang yang baru saja jatuh cinta memiliki kandungan serotonin yang besar di dalam otaknya.

9.     Buah durian meningkatkan kecerdasan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 200 pelajar di Twickenham School menunjukkan bahwa kandungan kalium di dalam buah durian mampu meningkatkan fokus belajar dan meningkatkan nilai ujian para siswa. Dengan demikian, buah durian merupakan faktor pendorong meningkatnya kecerdasan peserta didik.

10.  Buah durian dapat menjauhkan seseorang dari gigitan nyamuk

Ya, barangkali anda sering “diserbu nyamuk” bila berada di tempat-tempat gelap dan panas. Nah, salah satu cara untuk menghidari hal tersebut, oleskan kulit durian ke kulit tangan atau kaki. Dijamin, nyamuk akan menghindar sesegera mungkin dari anda.

11.  Buah durian adalah pengontrol diet alami

Lagi-lagi, kenyataan ini akan terlihat bertentangan dengan pandangan umum selama ini. Bila kebanyakan orang mengatakan bahwa buah durian mengandung kadar kolesterol dan glukosa yang tinggi, namun penelitian yang dilakukan oleh The Institute of Psycology di Austria menunjukkan hal sebaliknya. Ternyata buah durian mampu “mengurangi keinginan ngemil” seseorang. Buah durian mengandung karbohidrat sebesar 20%-30% yang dapat mengurangi hasrat untuk ‘ngemil’ setiap saat.

12.  Buah durian mampu membantu seseorang berhenti merokok

Percaya atau tidak, buah durian mampu mengurangi kebiasaan merokok seseorang. Hal ini dikarenakan buah durian mengandung vitamin B6 dan B12, kalium, dan magnesium yang dapat mengurangi pengaruh nikotin di dalam otak. Dengan sendirinya nafsu untuk terus merokok akan berkurang.

13.  Buah durian mampu mengurangi resiko stroke

Penelitian yang dilakukan oleh The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa memakan buah durian sebagai bagian dari menu harian ternyata mampu menekan resiko stroke hingga 40%. Hal itu jelas sangat mencengangkan mengingat selama ini banyak orang meyakini bahwa buah durian berbahaya karena dapat memaksa kerja otot dan saraf.

Sebagai catatan : sekian banyak kandungan buah durian di atas hanya akan dirasakan khasiatnya bila kadarnya tepat dan seimbang di dalam tubuh. Bila buah durian dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, jelas akan menyebabkan berbagai kemudaratan bagi tubuh. Namun bila kadarnya dapat diatur sedemikian rupa, justru akan menjadi obat bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat buah durian tersebut, kadar mengkonsumsi buah durian yang dianjurkan adalah sebesar 100gr-200gr untuk sekali makan.