12 Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang. Gigi berlubang adalah gigi yang menyimpan rongga. Gigi berlubang juga disebut karies. Kondisi ini terjadi akibat bakteri di dalam mulut merusak jaringan gigi secara cepat. Asal Anda tahu, penyakit ini bisa menular dengan hubungan oral ataupun penggunaan sikat gigi yang sama dalam satu keluarga. Oleh karena itu, hindari memakai sikat gigi yang sama dengan anggota keluarga lain, lebih baik beli masing-masing.

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah menjelaskan apa saja yang menyebabkan gigi menjadi berongga yang apabila dibiarkan, semakin lama semakin besar dan merusak gigi secara keseluruhan. Berikut ini diantaranya:
  • Makanan atau minuman yang mengandung zat pemanis
  • Selain itu, makanan yang asamnya terkonsentrasi tinggi juga memberi dampak buruk pada gigi
  • Kurangnya perawatan gigi
  • Juga dipengaruhi oleh gen yang diturunkan orang tua
  • Kurangnya air liur yang biasa dialami orang dewasa dapat menurunkan kemampuan penetralisir asam dalam mulut
  • Mulut yang tidak terhidrasi dengan baik
  • Dan masih banyak lagi, selengkapnya bisa Anda lihat pada artikel berikut: Penyebab Gigi Menjadi Berlubang


Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Anda pasti ingin segera mengetahui bagaimana cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat. Yang dimaksud obat di sini adalah racikan puskesmas ataupun kapletan pabrik. Sebenarnya Anda akan tetap memerlukan obat, tapi saya memilihkan beberapa resep obat untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. 

Untuk menghilangkannya, jelas Anda harus menambal gigi berlubang tersebut. Tanpa panjang lebar, silakan dipilih jenis perawatan gigi berlubang mana yang Anda inginkan. Saya mengambil ini dari beberapa referensi perawatan rumahan dengan metode alami.

1. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh menyimpan kekuatan melawan jamur, virus, mikroba, dan juga bersifat sebagai antiseptik untuk membunuh kuman. Anda bisa memakai minyak esensial ini untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi keropos. 

Biasanya orang-orang juga memanfaatkan minyak cengkeh untuk mengobati gangguan pencernaan, asma, batuk, stres, dan sakit kepala. Untuk mengobati nyeri gigi berlubang dengan minyak cengkeh, Anda bisa mengikuti proses berikut ini:
  1. Siapkan sebotol minyak cengkeh, atau dituang sedikit ke mengkok mini.
  2. Celup cotton bud ke dalam minyak, tiriskan sampai minyak tidak menetes.
  3. Oleskan pembersih telinga ini ke gigi yang sakit. Tunggu beberapa saat sampai mekanisme alami yang dikerjakan oleh minyak cengkeh berlangsung, maka nyeri gigi mulai berkurang.
  4. Ulangi lagi 3 proses sebelumnya apabila sakit gigi terasa kembali.

Bau minyak cengkeh sangat menyengat, jadi Anda harus tahan dengan aroma yang dihasilkan. Penggunaan minyak cengkeh hanya untuk pengobatan gigi berlubang sementara dan kasusnya masih ringan.

Efek samping dari minyak cengkeh juga perlu Anda ketahui agar pemakaian tidak berlebihan. Ini beberapa diantaranya:
  • Alergi pada kulit
  • Pendarahan
  • Bila dikonsumsi dengan dosis tinggi, efek yang muncul meliputi sakit tenggorokan, muintah, sesak napas, kejang, cairan di paru-paru, dan pada kasus ekstrim bisa memicu kerusakan ginjal dan hati
  • Pada bayi, anak-anak, ibu hamil ataupun menyusui, meski dosis kecil juga berisiko
  • Dapat berinteraksi dengan suplemen, obat, atau herbal lain.
  • Dapat menurunkan gula darah bila dipakai secara oral. 

Catatan:
Lebih baik pikir dua kali sebelum mengambil cara merawat gigi berlubang ini.

2. Garam

Anda sudah tidak heran bila diberi saran untuk berkumur air garam saat diterkam rasa sakit gigi, entah karena berlubang ataupun bakteri yang baru menggerogoti. Memang garam terbukti efektif meredakan nyeri pada gigi berlubang karena sifat antiseptik dan antibakterial yang dimilikinya.

Penggunaan gaarm untuk mengobati gigi berlubang dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut:
  • Sediakan segelas air hangat.
  • Larutkan satu sendok teh garam ke dalam air, aduk.
  • Berkumurlah setidaknya selama 1 menit. Pusatkan pada gigi yang bolong.
  • Ulangi hingga 2 – 3 kali sehari sampai nyeri mereda.

Sebagai opsional, Anda bisa menambahkan ½ sendok teh minyak mustard atau jus lemon untuk dioles pada gigi berlubang dan dibilas dengan air hangat. 

3. Bawang Putih

Apa benar kalau bawang putih adalah obat sakit gigi berlubang paling cepat dan ampuh menurunkan rasa sakit yang dihasilkan? Mungkin perlu Anda buktikan sendiri. Banyak yang menganjurkan untuk mengonsumsi rempah ini. Selain memberi dampak pengobatan, bawang putih juga menunjang kesehatan gusi dan gigi.

Bagaimana penggunaannya?
  1. Pertama, ambil 3 – 4 lempeng atau siung bawang putih dan ¼ sendok teh garam batu.
  2. Tumbuk keduanya dan campurkan. 
  3. Oles pada gigi yang berlubang, diamkan 10 menit lamanya.
  4. Bilas dengan berkumur pakai air hangat.
  5. Lakukan sehari dua kali selama satu minggu atau hingga rasa nyeri jarang muncul pada lokasi yang sama.

4. Akar Manis

Ekstrak akar manis di dunia lebih terkenal dengan sapaan Licorice Extract. Rasa manisnya melebihi gula, tapi ini adalah tanaman obat. Siapa sangka kalau akar manis justru bisa mengurangi rasa sakit pada gigi yang keropos? 

Dalam jurnal American Chemical Society of Natural Product, akar manis berguna untuk mempromosikan kesehatan gigi. Terdapat senyawa yang mampu mencegah tumbuhnya bakteri penyebab gigi berlubang. Tanaman ini juga dapat mencukur plak pada gigi.

Bagaimana caranya?
  1. Tumbuk akar manis atau licorice.
  2. Pakai untuk menggosok gigi secara teratur, jangan lupa bagian gigi yang sakit dikenai.
  3. Atau bisa langsung menggosoknya utuh secara perlahan pada gigi.

5. Kunyit

Dalam perawatan kesehatan di India, kunyit dapat menambah stamina serta mencegah berbagai penyakit. Saya sempat menuliskan apa saja kemampuan dari tanaman obat ini, silahkan lihat: Kegunaan dan Manfaat Kunyit Untuk Pengobatan.

Selain kesebelas manfaat yang diulas pada artikel tersebut, ternyata saya mengetahui dari situs Top 10 Home Remedies bahwasanya kunyit juga berkemampuan dalam mengatasi sakit gigi berlubang besar ataupun kecil.

Berikut caranya:
  1. Beli bubuk kunyit atau Anda tumbuk sendiri.
  2. Tempelkan pada gigi yang terkena, tunggu 3 – 5 menit dan bilas dengan air hangat (kumur-kumur).


Anda juga bisa mencampurnya dengan minyak mustard agar berbentuk pasta, kemudian gunakan untuk memijat gigi dan gusi. Diamkan sekitar 10 menit dan bersihkan. Perawatan rumahan ini bisa Anda laksanakan sehari dua kali.

6. Biji Pala

Bagi yang berpengalaman di dapur pasti sudah akrab dengan fungsi bumbu masak ini. Itu penggunaannya dalam hal panganan. Namun ternyata, biji pala berguna bisa mengerti Anda saat sakit gigi. 

Menyimak hasil riset di Universitas Yonsei Korea, sifat antikariogenik pada ekstrak biji pala dapat mencegah pengeroposan gigi yang disebabkan oleh bakteri. Tentu hal ini sangat membantu Anda yang sedang berperang melawan bakteri. 

Tips meredakan sakit gigi berlubang dengan biji pala: 
  1. Parut biji pala dan campur dengan minyak cengkeh atau oregano secukupnya.
  2. Oleskan pada pusat gigi yang sakit, biarkan 5 menit atau lebih.
  3. Bilas pakai air hangat dengan cara berkumur.
  4. Ulangi pengobatan ini sehari 3 atau 4 kali.


Jika tidak ingin repot. Buat atau beli minyak biji pala dan celupkan kapas kecil ke dalamnya. Tambal gigi berlubang Anda dengan kapas tersebut, biarkan semalaman agar dia bekerja dengan maksimal.

Keenam bahan di atas bisa Anda pilih salah satu sebagai langkah pereda rasa nyeri. 

***

Untuk perawatan melewati jalur medis, Anda harus mengunjungi dokter gigi. Nanti akan ditinjau terlebih dahulu dan ditindak lebih lanjut, apakah harus ditambal, dicabut, pemasangan implan gigi, dan atau gigi palsu. 

Perawatan saluran akar bisa menjadi solusi yang akan diambil oleh dokter gigi. Tindakan ini dapat dialami oleh penderita yang lubang giginya sudah menembus pula tidak lagi dapat sekadar ditutup dengan bahan tambal.

Saluran akar akan diberishkan agar terbebas dari kuman. Setelah disterilkan, saluran akar akan ditanami bahan pengisi khusus yang berfungsi untuk mencegah kontaminasi bakteri. Pada hari setelah penanaman, pasien akan melakukan pemeriksaan lagi. Bila tidak ada keluhan, maka lubang gigi yang menganga tersebut akan ditutup dengan restorasi.

Kondisi gigi akan menentukan jenis restorasi yang dipilih. Bila dinding tegak mahkota masih utuh, maka tambalan dibuat dengan logam tuang yang diproses di laboratorium. Atau dipasang mahkota tiruan bila banyak jaringan mahkota gigi yang hilang.

Proses panjang akan Anda lewati untuk mendapati gigi yang tidak seburuk sebelumnya. Cara mengatasi gigi berlubang ini membutuhkan kesabaran dan biaya yang tidak sedikit. Namun hasilnya akan setimpal dengan apa yang sudah Anda korbankan.

***

Apakah gigi berlubang Anda tidak mendapati semua gigi geraham? Tentu kabar baik bagi Anda, karena langkah pencegahan yang dokter sarankan sangat membantu gigi Anda tetap kuat hingga dewasa.

Langkah Pencegahan Gigi Berlubang

  • Pilihlah makanan menyehatkan dan rendah gula. Hindari konsumsi makanan atau minuman yang intensitas gulanya tinggi. Jika Anda tidak tahu cara merawat gigi yang benar, sementara hobi Anda mengunyah permen tidak terkontrol, maka kurangilah kebiasaan buruk ini.
  • Bila ingin makan permen, maka kunyahlah permen karet yang mengandung xylitol. Kandungan ini bisa mengurangi perkembangan bakteri  penyebab gigi berlubang.
  • Soal kebiasaan, kenapa Anda tidak biasakan menggosok gigi secara rutin. Sehari lakukan penyikatan minimal dua kali. Jika bisa, lakukan 30 menit tiap kali Anda makan berat.
  • Kurangnya air liur juga membantu bakteri berkembang biak. Untuk itu, selalu bilas mulut Anda dengan menjaga produksi air liur tetap stabil. Caranya cukup dengan banyak minum air.
  • Kunjungi dokter gigi secara rutin sesuai anjuran adalah langkah paling membantu untuk mencegah gigi berlubang.

Referensi:
  • http://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-tooth-decay-cavities.html
Gambar: Flickr.com